Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media hitsujun kanji untuk pembelajar bahasa Jepang kelas XI SMA/SMK yang sesuai dengan karakteristik siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development). Subjek penelitian pada penelitian ini adalah guru dan siswa SMA N 1 Singaraja. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan observasi. Data yang didapatkan selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media kanji bergerak dibuat menggunakan dua warna latar belakang yaitu warna hitam dan putih, huruf yang digunakan menyesuaikan dengan warna latar belakang. Media 1 menggunakan latar belakang berwarna hitam, huruf berwarna putih dan media 2 menggunakan latar belakang berwarna putih, huruf berwarna hitam. (2) Berdasarkan hasil uji ahli isi dan pakar pembelajaran, media hitsujun kanji dinilai sudah sesuai dengan karakteristik siswa SMA/SMK.Kata Kunci : Kanji, Media Pembelajaran, Hitsujun Kanji ã“ã®ç ”究ã®ç›®çš„ã¯ç”Ÿå¾’ã®ç‰¹æ€§ã«å¿œã˜ãŸå一年生å¦ç¿’者ã®ãŸã‚メディア漢å—を作ã£ãŸã€‚ã“ã®ç ”究ã¯Research and Developmentã§ã‚ã‚‹ã€‚ç ”ç©¶ã®å¯¾è±¡ã¯ã‚·ãƒ³ã‚¬ãƒ©ã‚¸ãƒ£å›½ç«‹ç¬¬ä¸€é«˜æ ¡ï¼‘2年生ã€æ•™å¸«ã§ã‚る。データã¯ã€æŽˆæ¥è¦–察ã€è³ªç–‘アンケートã«ã‚ˆã‚ŠåŽé›†ã—ã€ãれを定性的記述法ã«ã‚ˆã‚Šåˆ†æžã—ãŸã€‚ç ”ç©¶ã®çµæžœã¯ä»¥ä¸‹ã®é€šã‚Šã§ã‚る。(1)ã“ã®æ¼¢å—ç†é †ã®ã¯2ã¤ãƒãƒƒã‚¯ã‚°ãƒ©ã‚¦ãƒ³ãƒ‰ã‚’作ã£ãŸã€‚ãã‚Œã¯ã€ç™½ã„å—ã§ã€é»’ã„ãƒãƒƒã‚¯ã‚°ãƒ©ã‚¦ãƒ³ãƒ‰ã®ãƒ¡ãƒ‰ã‚£ã‚¢ï¼‘ã€ã§ã€ã“ã‚Œã«åã—ã¦ã€‚2)ã“ã®æ¼¢å—ç†é †ã¯æ—¥æœ¬èªžå一年生å¦ç¿’者ã®ç‰¹æ€§ã«é©å¿œã—ãŸãƒ¡ãƒ‡ã‚£ã‚¢æ•™æã§ã‚る。keyword : æ¼¢å—ã€å¦ç¿’æ•™æã€ç†é †æ¼¢å—
Copyrights © 2016