Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari bagaimana sikap mahasiswa jurusan akuntansi terhadap akuntan pendidik (akuntan dosen) yang tidak memiliki pengalaman praktek dibandingkan dengan yang memiliki pengalaman praktek. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey deskriptif Penelitian. Unit analisis dari penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi semua semester. Data primer di-kumpulkan dengan menggunakan kuesioner dimana setiap item yang diteliti diukur dengan menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akuntan pendidik yang memiliki pengalaman praktek dan bekerja sebagai dosen jurusan akuntansi memiliki pengetahuan lebih luas dan memiliki kesiapan yang lebih baik dalam mengajar dibandingkan dengan akuntan pendidik yang tidak memiliki pengalaman praktek. Mereka juga lebih baik dalam menjelaskan tujuan matakuliah, penguasaan materi, memberikan pengetahuan yang dimilikinya dan dalam menjelaskan teori. Dalam hal memotivasi mahasiswa terhadap penguasaan matakuliah, akuntan pendidik yang memiliki pengalaman praktek dapat memberikan motivasi dan harapan untuk menguasai pelajaran lebih baik dibandingkan dengan dosen (akuntan pendidik) yang tidak memiliki pengalaman praktek dan mahasiswa berharap bahwa semua akuntan pendidik sebaiknya memiliki pengalaman praktek dalam bidang ilmu yang diajarkannya Kata kunci: Sikap mahasiswa akuntansi, akuntan pendidik, pengalaman praktek
Copyrights © 2003