Jurnal Ilmiah Informatika Komputer
Vol 24, No 2 (2019)

APLIKASI VIRTUAL REALITY TAMAN WISATA BAWAH LAUT SEA WORLD ANCOL BERBASIS ANDROID

Deviliana, Deviliana (Unknown)
Nugraha, Nurma (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2020

Abstract

Aplikasi ini memberikan gambaran tempat, suasana serta biota laut yang ada di dalam Sea World Ancol dengan cara yang berbeda yaitu dengan menggunakan teknologi Virtual Reality. Sehingga dengan aplikasi ini masyarakat dapat mengetahui dan mengenal berbagai biota laut apa saja yang ada di Sea World Ancol. Metode penelitian dilakukan dengan menggunakan metode SDLC (Software Development Life Cycle), dengan beberapa tahapan dalam melakukan penelitian seperti pengumpulan data, perancangan, implementasi, dan uji coba. Tahapan uji coba menggunakan metode blackbox testing dilakukan menggunakan sebuah ponsel android OPPO F1f. Hasil uji coba didapatkan bahwa semua fungsi pada button berjalan sesuai dengan rancangan aplikasi. Hasil dari uji Coba User (User Acceptance Testing) dapat disimpulkan aplikasi sudah sangat baik dalam berbagai aspek yang dijadikan pertanyaan dalam kuisioner. Spesifikasi minimum untuk menjalankan aplikasi virtual reality taman wisata bawah laut sea world Ancol adalah smartphone yang memiliki OS Android v5.0 Lollipop dan mempunyai RAM minimal 3 GB. Semakin tinggi spesifikasi smartphone yang digunakan semakin baik performa aplikasi yang dihasilkan. Aplikasi virtual reality taman wisata bawah laut sea world Ancol dibuat menggunakan Unity 5.5.2f1.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

infokom

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

This journal is published periodically three times a year, April, August, and December. It publishes a broad range of research articles on Information Technology and Communication, whether in Indonesian Language or ...