Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa
Vol 21, No 3 (2016)

IMPLEMENTASI SIMULASI VIRTUAL REALITY DILENGKAPI CLOUD RECOGNITION AUGMENTED REALITY PADA APLIKASI KEBUN RAYA BOGOR BERBASIS ANDROID

Mayongga, Yongki (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2017

Abstract

Kebun raya bogor merupakan salah satu objek wisata di Indonesia yang diminati oleh wisatawan. Untuk menambah minat wisatawan, dalam penelitian ini digunakan suatu teknologi untuk memperkenalkan kebun raya bogor dengan desain tiga dimensi menggunakan Augmented reality (AR) dan Virtual Reality (VR).Metode Cloud Recognition digunakan untuk pembuatan Augmented Reality, sementara untuk Virtual Reality menggunakan metode Google Cardboard.Aplikasi Kebun Raya Bogor ini mengadaptasi teknologi Augmented Reality dan Virtual Reality yang diterapkan pada perangkat mobile berbasis Android.Aplikasi ini dapat menampilkan objektiga Dimensi berikut media text sebagai pelengkap informasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi yang dihasilkan sesuai dengan tujuan dari penelitian dimana dapat dimunculkan objek tiga dimensi yang dapat memaparkan berbagai informasi mengenai Kebun Raya Bogor pada AR dan dunia virtual yang dapat dirasakan secara langsung dengan dukungan beberapa sensor yang terdapat di perangkat mobile pada VR. Kata kunci: Kebun Raya Bogor, Augmented Reality, Virtual Reality, Google Cardboard, Cloud Recognition

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

tekno

Publisher

Subject

Automotive Engineering Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Materials Science & Nanotechnology

Description

Jurnal ini diterbitkan secara berkala tiga kali dalam setahun, April, Agustus, dan Desember. Artikel yang dimuat dalam jurnal ini merupakan artikel ilmiah hasil penelitian tentang teknologi dan rekayasa yang meliputi teknik informatika, teknik elektro, teknik mesin, dan teknik industri. Artikel ...