cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
ekrek@gunadarma.ac.id
Editorial Address
Jalan Margonda Raya 100
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa
Published by Universitas Gunadarma
ISSN : 14109093     EISSN : 20898088     DOI : http://dx.doi.org/10.35760/tr.
Jurnal ini diterbitkan secara berkala tiga kali dalam setahun, April, Agustus, dan Desember. Artikel yang dimuat dalam jurnal ini merupakan artikel ilmiah hasil penelitian tentang teknologi dan rekayasa yang meliputi teknik informatika, teknik elektro, teknik mesin, dan teknik industri. Artikel dapat ditulis dalam bahasa indonesia maupun bahasa inggris.
Articles 177 Documents
KARAKTERISTIK BEBAN TERMAL MESIN PENGKONDISIAN UDARA PADA RUANGAN PEMROSESAN BATERAI LITHIUM Budihadi, Agus; Soekardi, Chandrasa
Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa Vol 24, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1009.848 KB) | DOI: 10.35760/tr.2019.v24i1.1935

Abstract

Karakteristik termal sirkulasi aliran udara dingin di dalam ruang pemrosesan baterai lithium pada sebuah industri yang berlokasi di Jakarta telah diteliti secara eksperimental. Mesin pengkondisian udara yang dipergunakan pada ruang tersebut sering beroperasi pada kondisi yang berbeda-beda, tanpa diketahui kondisi operasi mana yang paling optimal dalam hal konsumsi energinya. Serangkaian pengujian telah dilakukan dengan mengukur temperatur, kelembaban, dan laju aliran udara di dalam ruang pemrosesan baterai untuk memperoleh gambaran kondisi operasi yang terbaik. Hasil pengukuran dipergunakan untuk mengevaluasi beban termal pada mesin pengkondisian udara. Pengujian dilakukan pada tiga hari yang berbeda, masing-masing dengan kondisi operasi tertentu yang serupa dengan yangseperti yang biasa diterapkan sehari-hari pada mesin tersebut. Hasil rangkaian pengujian, dibandingkan dengan dua kondisi operasi lainnya yang menunjukkan bahwa mesin pengkondisian udara bekerja paling efisien sepanjang hari apabila dioperasikan pada kondisi di mana aliran udara suplai dari evaporator berada pada temperature 19 oC dan kelembaban 66 %, dengan kecepatan rata-rata 2 m/s. Konsumsi energinya paling tinggi terjadi apabila mesin dioperasikan pada kondisi di mana udara suplai temperaturnya 15 0 C dan kelembaban 53 %.
ANALISIS FUZZY MADM MENGGUNAKAN METODE SAW DALAM SELEKSI CALON KARYAWAN PT TEKNORIA CIPTA KARYA Rismayuni, Rismayuni; Rodiah, Rodiah
Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa Vol 24, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (650.232 KB) | DOI: 10.35760/tr.2019.v24i1.1930

Abstract

Seleksi karyawan pada PT Teknoria Cipta Karya selama ini menggunakan pemilihan secara manual yang memungkinkan adanya kesubjektifan dalam seleksi karyawan. Seleksi karyawan baru perlu adanya proses seleksi. Proses seleksi dilakukan dengan melihat kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan, dalam hal ini yaitu keahlian, pengalaman, kesehatan fisik, pendidikan, umur, kerja sama, kejujuran, inisiatif dan kreatif serta kedisiplinan. Pada penelitian ini dilakukan analisis terhadap penggunaan beberapa variabel sebagai kriteria dalam proses penyeleksian karyawan di PT Teknoria Cipta Karya. Kriteria yang digunakan antar lain berupa kemampuan program, kepribadian serta wawancara. Hasil analisis dengan metode fuzzy logic ini diharapkan dapat membantu PT Teknoria dalam melakukan seleksi terhadap calon karyawan baru dengan solusi lebih dari satu, dimana karyawan tidak hanya berupa diterima atau ditolak, namun adanya pilihan lain jika ada karyawan yang dapat memenuhi keinginan dari karyawan PT Teknoria  Cipta Karya. Algoritma fuzzy dinilai tepat dalam masalah tersebut karena algoritma fuzzy menyediakan lebih dari dua macam keluaran yang dapat membantu PT Teknoria dalam mengambil keputusan dalam menyeleksi calon karyawan yang akan ditetapkan menjadi karyawan baru.
ANALISIS KEBUTUHAN SISTEM ADMINISTRASI BAGIAN SIDANG UJIAN UNIVERSITAS GUNADARMA DENGAN METODE PIECES Sidiq, Abdul Hafidh; Kurniawati, Ana
Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa Vol 24, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.351 KB) | DOI: 10.35760/tr.2019.v24i1.1931

Abstract

Sistem administrasi berbasis komputer kini menjadi suatu hal utama untuk pemenuhan kebutuhan informasi, termasuk pada sebuah perguruan tinggi. Internet merupakan teknologi yang dapat memudahkan seseorang untuk melakukan kegiatan apapun. Di era teknologi informasi seperti saat ini, Universitas Gunadarma pun memanfaatkan teknologi-teknologi tersebut, termasuk pada Bagian Sidang Ujian. Bagian Sidang Ujian sudah menerapkan sistem administrasi dengan teknologi tersebut, akan tetapi dalam penerapannya masih kurang optimal. Analisis perlu dilakukan untuk mengetahui permasalahan pada sistem tersebut. Terdapat beberapa metode yang dapat digunakan dalam melakukan analisis, diantaranya adalah SWOT dan PIECES. Dalam penelitian ini, sistem administrasi tersebut dianalisis dengan metode PIECES. Analisis yang dilakukan meliputi beberapa variabel yaitu kinerja, informasi, ekonomi, kontrol, efisiensi dan pelayanan sistem. Hasil analisis yang didapat yaitu kinerja sistem sudah bagus namun belum optimal, informasi yang disajikan kurang lengkap, kontrol pada sistem masih kurang, dan banyaknya penggunaan kertas mengurangi peran dari sistem administrasi tersebut dalam mengoptimalkan administasi di Bagian Sidang Ujian. Setelah melakukan analisis dengan metode PIECES, dapat disimpulkan bahwa Sistem administrasi yang sekarang digunakan oleh Bagian Sidang Ujian, Universitas Gunadarma perlu dibenahi dan diperbaiki agar proses administrasinya dapat terselenggara dengan efisien dan efektif. Pembenahan dan perbaikan yang sebaiknya dilakukan adalah dengan mengembangkan sistem administrasi berbasis web.
SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN DALAM PENERIMAAN BEASISWA PPA MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) (STUDI KASUS: UNIVERSITAS GUNADARMA) Noviyanti, Tiya
Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa Vol 24, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (675.17 KB) | DOI: 10.35760/tr.2019.v24i1.1932

Abstract

Universitas Gunadarma merupakan lembaga perguruan tinggi yang memiliki mahasiswa dalam jumlah besar yang tersebar di berbagai fakultas. Beberapa mahasiswa berhak mendapatkan beasiswa PPA. Semakin banyaknya minat mahasiswa untuk mendaftar beasiswa, maka tim seleksi sulit untuk melakukan seleksi terhadap calon penerima beasiswa. Saat ini seleksi dilakukan secara manual. Oleh karena itu, sistem pendukung keputusan dibutuhkan untuk memberikan pertimbangan kepada pihak pengelola dalam menyeleksi calon penerima beasiswa PPA. Analisis data menerapkan metode Analytical Hierarchical Process (AHP). Penelitian ini menerapkan lima kriteria untuk mendapatkan beasiswa PPA diantaranya yaitu Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), penghasilan orang tua, tanggungan orang tua, semester dan prestasi ko/ekstra kurikuler. Berdasarkan skala prioritas, rangking dari 5 lima kriteria yang digunakan pada penelitian ini secara berurutan yaitu IPK, penghasilan orang tua, tanggungan orang tua, semester, dan prestasi ekstra/ko kurikuler. Penentuan pengambilan keputusan dengan menggunakan metode AHP dalam penerimaan beasiswa PPA pada Universitas Gunadarma ini tepat untuk digunakan dalam proses penyeleksian calom penerima beasiswa.
PENGENALAN PEMICU PEMANASAN GLOBAL MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS DESKTOP Partiwi, Arini
Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa Vol 24, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (889.79 KB) | DOI: 10.35760/tr.2019.v24i1.1933

Abstract

Kemajuan teknologi semakin meningkat seiring dengan perkembangan zaman. Bermacam teknologi telah diciptakan untuk berbagai keperluan dan pada berbagai bidang ilmu, terutama di dalam bidang informasi, edukasi dan komunikasi. Kemajuan teknologi dapat digunakan sebagai sarana edukasi serta adanya perkembangan informasi dan komunikasi dapat membantu manusia dalam melakukan pekerjaannya. Salah satu teknologi yang berkembang saat ini adalah Augmented Reality (AR) yaitu suatu teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata, lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut secara real time. Salah satu implementasi dari AR ini dibangun dengan memasukan teknologi Augmented Reality ke dalam kartu sebagai media interaktif pengenalan pemicu pemanasan global. Pengenalan pemicu pemanasan global yang dibangun dengan teknologi AR diharapkan dapat membantu dalam menampilkan serta menyampaikan informasi  yang dapat menarik minat masyarakat untuk lebih mengetahui tentang pemicu terjadinya pemanasan global. Pembuatan aplikasi AR menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle), model rancangan pengembangan yang digunakan adalah Unified Modelling Languange (UML) dan pembuatan AR menggunakan software library ARToolkit. Faktor pemicu pemanasan gobal yang terdiri dari AC, asap mobil, asap pabrik dan penebangan pohon masing-masing telah berhasil disajikan dalam objek 3D.
ANALISA PERFORMA PENGENALAN TULISAN TANGAN ANGKA BERDASARKAN JUMLAH ITERASI MENGGUNAKAN METODE CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK Prihatiningsih, Siwi; M, Nadhiranisa Shafiy; Andriani, Feni; Nugraha, Nurma
Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa Vol 24, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (544.285 KB) | DOI: 10.35760/tr.2019.v24i1.1934

Abstract

Pada zaman modern ini teknologi informasi khususnya bidang Artificial Intelligence berkembang pesat dari waktu ke waktu. Hal ini mendorong manusia berkreasi untuk menciptakan teknologi baru untuk mempermudah orang dalam mengakses informasi yang diinginkan dengan cepat. Salah satu metode Artificial Intelligence yang cukup dikenal adalah Convolutional Neural Network. Namun, masih terdapat permasalahan terkait cara yang tepat yang dapat membuat performa lebih baik. Pada penelitian ini dilakukan analisa performa pengenalan tulisan tangan angka berdasarkan perubahan jumlah iterasi menggunakan metode convolutional neural network (CNN). Penelitian ini membuat suatu sistem analisa akurasi performa pengenalan tulisan tangan angka menggunakan metode Convolutional Neural Network atau yang dikenal dengan sebutan CNN. Program ini dibuat menggunakan Spyder sebagai Integrated Development Environment (IDE) dengan Python sebagai Bahasa pemrogramannya. Adapun tahapan penelitian yang dilakukan adalah tahapan pengumpulan data, tahap preprocessing, pembentukan model CNN dan tahap terakhir dilakukan analisis performa. Performa meningkat signifikan pada iterasi antara 0 – 20, sedangkan pada iterasi 100-1000 tidak. Hasil menunjukkan bahwa semakin banyak besar jumlah iterasi yang dilakukan semakin baik performa yang dihasilkan
ALGORITMA LEARNING VECTOR QUANTIZATION DAN FUZZY K-NN UNTUK PREDIKSI SAHAM BERDASARKAN PESAING Fitriani, Risma Rahmalia; Ernastuti, Ernastuti; Swedia, Ericks Rachmat
Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa Vol 24, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.478 KB) | DOI: 10.35760/tr.2019.v24i1.1929

Abstract

Prediksi saham adalah hal yang sangat berpengaruh bagi seorang investor. Investor akan mampu menemukan saham yang tepat dan waktu yang tepat untuk membeli atau menjual dengan melakukan prediksi saham. Prediksi yang akurat dapat membantu investor untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Keuntungan yang besar sebanding dengan resiko besar yang terkait dengan hal tersebut dan ada kesempatan yang sama dalam kehilangan uang. Keuntungan yang besar serta resiko kehilangan yang besar, menyebabkan para investor dituntut untuk bisa melakukan berbagai analisa untuk mengukur nilai saham. Pada penelitian ini dilakukan prediksi fluktuasi harga saham berdasarkan fluktuasi harga saham perusahaan pesaing dengan menggunakan algoritma Learning Vector Quantization (LVQ) dan Fuzzy K-Nearest Neighbours. Data saham yang diprediksi adalah saham perusahaan Apple, berdasarkan fluktuasi harga saham perusahaan IBM, Cisco, Fujitsu, Hewlett-Package, dan Ericsson dengan waktu dari tanggal 4 Januari 2000 sampai dengan tanggal 31 Agustus 2015.  Pengujian dilakukan dari tanggal 1 September sampai 30 September 2015. Data yang diperoleh dari situs resmi http://finance.yahoo.com yang memuat data harga saham dari waktu ke waktu . Hasil prediksi fluktuasi harga saham perusahaan Apple terhadap empat saham perusahaan pesaing lainnya memiliki persentase prediksi benar dengan nilai terendah yaitu 47.62% untuk algoritma Learning Vector Quantization (LVQ) dan nilai tertinggi yaitu 61.90% untuk algoritma Fuzzy KNN.
ANALISIS SIFAT MEKANIS MATERIAL CYLINDER BLOCK MOTOR YAMAHA MIO J DENGAN PENAMBAHAN UNSUR SILIKON (Si) Putra, Andri Dwi; Mulyanto, Tri
Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa Vol 22, No 3 (2017)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Blok liner silinder merupakan bagian dari blok silinder yang berfungsi sebagai tempat berlangsungnya proses kerja engine. Dimana pada bagian ini terjadi proses kerja proses kerja hisap, kompresi, kerja dan buang. Oleh karena itu agar tidak terjadi kebocoran kompresi yang disebabkan oleh gesekan antara ring piston dan dinding liner silinder, diperlukan dinding liner silinder yang mempunyai nilai kekerasan yang tinggi. Pengujian yang dilakukan yaitu pengujian komposisi kimia, pengujian kekerasan, pengujian kuat tarik dan pengujian struktur mikro. Dengan nilai kekerasan yang didapat hal ini tidak dimungkinkan untuk blok silinder bahan aluminium silikon dilakukan proses reparasi over size atau korter terhadap dinding liner blok silinder. Hal ini sangat berbeda bila dibandingkan dengan blok silinder liner pada umumnya. Pengujian komposisi kimia terlihat perbandingan sampel 1 dan sampel 2 Silikon (Si) dari 14.3% menjadi 18.7%, Tembaga (Cu) dari 2.70% menjadi 4.12% dan Aluminium (Al) dari 81.5% menjadi 75.3%. Dari hasil tersebut ada peningkatan pada Si dan Cu, akan tetapi penurunan pada Al. Pengujian struktur mikro terdapat perbandingan unsur Silikon (Si), pada sampel 1 terdapat Si lebih banyak dibandingkan dengan sampel 2. Pengujian kekerasan (metode Rockwell) terdapat perbandingan nilai rata-rata, pada sampel 1= 60 HRB dan sampel 2 = 54 HRB, lebih besar sampel 1 dibandingkan dengan sampel 2. Sehingga semakin kecil nilai rata-rata maka kekerasannya menurun. Pengujian Impact (metode Charpy) terdapat perbandingan nilai rata-rata dari 3 spesimen. Pada sampel 1 0.195 J/mm dan sampel 2 0.268 J/mm, sampel 1 lebih kecil dibandingkan dengan sampel 2, sehingga keuletannya meningkat.Kata Kunci: Blok Silinder, Liner, Pengujian Kekerasan, Pengujian Komposisi Kimia, Pengujian Metalografi, Pengujian Impact.
PENGARUH JUMLAH SUDU PADA TURBIN ANGIN SUMBU VERTIKAL TERHADAP DISTRIBUSI KECEPATAN DAN TEKANAN Ridwan, Ridwan; Latief, Abdul
Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa Vol 24, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/tr.2019.v24i2.2392

Abstract

Angin merupakan salah satu sumber energi baru terbarukan. Sistem Konversi Energi Angin (SKEA) dapat digunakan untuk memanfaatkan angin menjadi energi mekanik atau energi listrik. Komponen utama SKEA terdiri dari rotor dengan sudu sebagai penggerak utama. Salah satu kelemahan turbin angin adalah efisiensinya yang masih relatif rendah, sehingga masih terus diteliti khususnya terkait dengan sudu (blade) rotor turbin. Pada penelitian ini dilakukan simulasi terhadap sudu turbin angin sumbu vertikal Savonius tipe U yang dipasang pada rotor turbin. Ada 3 kategori rotor yang disimulasikan yaitu: rotor dengan jumlah sudu/blade 2, 3 dan 4. Kecepatan angin yang diaterapkan/dialirkan pada simulasi sudu ini adalah 5 m/dtk . Simulasi ini menggunakan alat bantu perangkat lunak SolidWorks/flow simulatian berbasis Finite Element Analysis (FEA). Tujuan penelitian ini akan dilihat/diketahui besarnya distribusi kecepatan dan distribusi tekanan pada masing-masing sudu tersebut. Berdasarkan hasil simulasi diketahui bahwa rotor dengan jumlah blade tiga memberikan distribusi kecepatan yang lebih tinggi yakni (4,8 m/dtk) dibanding dengan rotor dengan empat blade empat (4,5 m/dtk) dan dua blade (4,3 m/dtk).  Turbin dengan jumlah blade tiga memberikan perbedaan distribusi tekanan maksimum dan minimum paling rendah dibanding turbin dengan empat blade dan dua blade, yakni 21,32 Pascal.
APLIKASI PENGUKURAN TINGKAT KEMIRIPAN OBJEK MENGGUNAKAN MODIFIED HAUSDORFF DISTANCE BERDASARKAN HASIL DETEKSI TEPI Reskia, Silvina; Sundani, Dini
Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa Vol 23, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/tr.2018.v23i2.2458

Abstract

Pengolahan citra mengalami perkembangan yang begitu pesat yang ditandai dengan banyaknya citra yang disajikan dalam berbagai bidang seperti bidang kedokteran, industri pertanian, geologi, dan kelautan. Banyaknya citra yang tersaji seringkali pengguna mengalami kesulitan pada saat proses pengambilan atau pengklasifikasian citra berdasarkan kemiripan citra. Penilaian kemiripan citra dapat diukur berdasarkan perbedaaan jarak tepi (Euclidean distance) atau jarak warna (distance metric). Pada penelitian ini dikembangkan aplikasi pengukuran tingkat kemiripan objek citra menggunakan metode modified Hausdorff distance. Nilai kemiripan yang dihasilkan pada proses pengukuran tingkat kemiripan objek menggunakan metode modified Hausdorff distance berupa bilangan desimal. Jika nilai proses mendekati 0 atau sama dengan 0 maka citra dianggap mirip. Implementasi dilakukan menggunakan tiga jenis objek citra dengan masing-masing jenis objek citra memiliki 7 objek citra sehingga keseluruhan objek sebanyak 21 objek citra dengan format JPG dan PNG yang tidak memiliki latar belakang. Tampilan aplikasi ini dibuat menggunakan Graphic User Interface (GUI). Pengujian keakuratan dari aplikasi diukur menggunakan metode efektifitas dengan menghitung perbandingan antara nilai dari aplikasi (AVVR) terhadap nilai responden (IAVVR). Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi yang dibuat memiliki nilai keakuratan mendekati 1, artinya aplikasi dianggap mirip dengan penilaian mata manusia.

Page 1 of 18 | Total Record : 177