Jurnal Ilmiah Desain & Konstruksi
Vol 6, No 1 (2007)

HIBRIDITAS DESAIN SEBAGAI REPRESENTASI SEJARAH, BUDAYA DAN RELASI KEKUASAAN STUDI KASUS: DESAIN RUMAH TIONGHOA PERANAKAN DI LASEM

Hidayat, July (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2012

Abstract

Tujuan kajian ini adalah memahami hibriditas spatial sebagai representasi sejarah,budaya dan kekuasaan. Identitas budaya dibentuk oleh interaksi dinamis antaraketiganya dan direpresentasikan sampai pada tataran budaya materi, termasuk rumahtinggal. Objek kajian adalah desain rumah Tionghoa peranakan di Lasem yang dikenalsebagai “The Tiongkok of Java”. Paradigma yang dipergunakan adalah pos-positivismedengan metode analisis studi kasus. Kasus dipahami dengan pendekatan sejarah danteori identitas budaya Stuart Hall. Etnis Tionghoa melakukan akulturasi budaya Jawasebagai strategi untuk bertahan hidup, mendapatkan posisi sosial, diakui dan masukdalam pergaulan golongan tertinggi yang sebelum abad 19 dipegang oleh bangsawanJawa. Sejarah interaksi keduanya sudah terjadi sejak abad I Masehi, dimulai darikerjasama ekonomi, akulturasi sosial (pernikahan campuran), dan diikuti oleh akulturasibudaya. Hal ini menjelaskan hibriditas dalam rumah Tionghoa peranakan sebagaikonsekuensi wajar sejarah. Pandangan hidup mereka mendukung akulturasi, ketika ataspengaruh Taoisme, terdapat sikap terbuka/fleksibel terhadap intervensi ruang budayalain ke dalam tradisinya: ”di mana bumi dipijak, di sana langit dijunjung”. Dari relasikekuasaan, etnis Tionghoa waktu itu ada dalam posisi tidak setara, berada di bawahdominasi budaya Jawa yang mempengaruhi sistem representasinya. Hasil kajian adalahjenis hibriditas bentuk desain Tionghoa peranakan dan argumen bahwa hibriditas spatialTionghoa-Jawa berfungsi tidak sekadar menghasilkan kebaruan/keunikan desain tetapimerepresentasikan otoritas baru dalam menegosiasikan ulang makna dan identitasTionghoa peranakan, bahwa identitas spatial mereka harus dipahami bukan dalamkonteks budaya Jawa/Tionghoa tetapi Tionghoa peranakan yang sudah berbeda akibattranslasi terhadap budaya-budaya asli pembentuknya, termasuk harus dilepaskan dariprasangka dan senimen negatif terhadap konteks budaya Tionghoa asalnya.AbstractThe objective of this study is to comprehend the spatial hybridity as a representation ofhistory, culture and power. Cultural identity is formed by a dynamic interaction betweenthose three factors and is represented into a material culture level, including a residentialdesign. The object of study is the house of halfblooded Tionghoa in Lasem known as "TheTiongkok of Java". The study used the paradigm of post-positivism with case studyanalytical method. The case-study objects are comprehended with historical approachand the cultural identity theory of Stuart Hall. Tionghoa ethnic group did anacculturation with Javanese culture as a strategy for struggling life, getting socialposition, to be accepted in the interaction with the highest ruler which before 19th centuryis held by the Javanese nobles. The history of interaction between both of them hadhappened since 1st century, started from economical cooperation, social acculturation bymixing marriage, and followed automatically by culture acculturation. This conditionexplains hibridity in halfblooded Tionghoa design as a kind of proper consequence fromtheir acculturation history. Their world-view also supports the acculturation, wheninfluencing by Taoism, they perform a flexible attitude that taking into account the otherculture intervention in their tradition space. The spirit of openness is reflected from theirmotto: "where the earth is treaded, over there the celestial is held highly". From theaspect of power relationship, The halfblooded Tionghoa at that time has unequalrelation, under the domination of Javanese culture that influences their representationsystem. As the results are the hibridity types of halfblooded Tionghoa design and theargument that the role of spatial hybridity of halfblooded Chineseis not merely dealingwith new or unique form but as a representation of new authority in negotiating themeaning and identity of halfblooded Tionghoa. Their spatial identity must becomprehended not in the context of traditional Javanese or Tionghoa culture buthalfblooded Tionghoa. It has translated its former culture or original reference. Thehalfblooded Tionghoa culture that has already a hybrid with local content has to bedischarged from the prejudice and negative sentiment to its origin as they are alreadydifferent context.

Copyrights © 2007






Journal Info

Abbrev

dekons

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Environmental Science Transportation

Description

Jurnal ini diterbitkan secara berkala dua kali dalam setahun, Juni dan Desember. Jurnal memuat artikel ilmiah hasil penelitian tentang sipil, konstruksi, dan arsitektur, yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Jurnal ini diterbitkan oleh Bagian Publikasi Universitas ...