Jurnal Ilmiah Desain & Konstruksi
Vol 10, No 1 (2011)

STUDI ANALISA TINGKAT KEBISINGAN AKIBAT LALULINTAS SERTA DAMPAKNYA TERHADAP LINGKUNGAN (Studi Kasus : Kampus E dan Kampus G, Universitas Gunadarma )

Ellysa, Ellysa (Unknown)
Andayani, Relly (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2013

Abstract

Kebisingan didefinisikan sebagai suara yang merugikan manusia dan lingkungannya,termasuk pada ternak, satwa liar dan sistem alam. Kebisingan juga dapat diartikan sebagaibentuk suara yang tidak diinginkan atau bentuk suara yang tidak sesuai dengan tempat danwaktunya. Masalah kebisingan dapat menjadi salah satu masalah yang cukup serius apabilatidak segera ditangani. Karena itu perlu dilakukan studi mengenai masalah kebisingan yangterjadi dilingkungan Kampus Universitas Gunadarma dengan melakukan analisa danevaluasi, menggunakan data yang diperoleh dari hasil survey oleh “Tim Penataan danPenanganan Lingkungan Kampus Gunadarma Kelapa Dua, Fakultas Teknik Sipil danPerencanaan, Universitas Gunadarma”. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahuitingkat kebisingan di sekitar kampus E dan kampus G, Universitas Gunadarma yangdisebabkan oleh volume lalulintas di Jl. Akses UI, Kelapa Dua - Depok, dan dampaknyaterhadap kawasan tersebut. Berdasarkan perhitungan, tingkat kebisingan terbesar yangditerima oleh penerima bunyi di Gedung I lantai 1, kawasan kampus E dan Kampus G,Universitas Gunadarma sebesar 49.313 dB(A) dan 53.436 dB(A). Tingkat kebisingan keduakawasan ini masih berada di bawah baku tingkat kebisingan menurut Kep. Men. LH No.48/MENLH/11/1996, yaitu sebesar 55 dB(A) untuk kawasan pendidikan. Penanggulangankebisingan dilakukan dengan cara mereduksi tingkat kebisingan dengan membuat dindingpenghalang sederhana (barrier) dan penghalang vegetasi menggantikan pagar yang sudahada.

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

dekons

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Environmental Science Transportation

Description

Jurnal ini diterbitkan secara berkala dua kali dalam setahun, Juni dan Desember. Jurnal memuat artikel ilmiah hasil penelitian tentang sipil, konstruksi, dan arsitektur, yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Jurnal ini diterbitkan oleh Bagian Publikasi Universitas ...