CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education)
Vol 5, No 3 (2018): CIVED 2018

KONTRIBUSI KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU UKUR TANAH SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK BANGUNAN SMKN 5 PADANG

Fahmi Fahmi (Unknown)
Iskandar G Rani (Unknown)
Prima Zola (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2018

Abstract

Penelitianini dilakukan di SMKN 5 Padang dan dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa Kelas  X  Jurusan Teknik  Bangunan yang mendapat nilai di bawah KKM pada mata pelajaran Ilmu Ukur Tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi kebiasaan belajar terhadap hasil belajar Ilmu Ukur Tanah Siswa Kelas X. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa Kelas X  sebanyak 77 orang. Sampel penelitian sebanyak 44 siswa diambil menggunakan teknik proporsionalrandom sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer dikumpulkan melalui angket yang disebarkan kepada sampel/responden penelitian. Data sekunder berupa nilai UAS siswa Kelas X Jurusan Teknik Bangunan. Teknik analisis data yang digunakan adalah: (1) Analisis deskriptif, (2) Uji persyaratan analisis, yang terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas untuk membuktikan bahwa sebaran data berasal dari sampel yang berdistribusi normal dan linear, dan (3) Uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa terdapat hubungan padatingkat sedang dan terdapat kontribusi kebiasaan belajar terhadap hasil belajar Ilmu Ukur Tanah siswa Kelas X Jurusan Teknik Bangunan SMKN 5 Padang sebesar 26,42%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

cived

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Jurnal CIVED adalah Jurnal ilmiah berkala yang diterbitkan tiga kali setahun, pada bulan Maret, Juni dan September oleh Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang. Jurnal CIVED adalah media untuk mempublikasikan hasil penelitian ilmiah mahasiswa, akademisi, praktisi dan ...