cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
sipil@ft.unp.ac.id
Editorial Address
Jln Hamka, Padang Sumatera Barat
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education)
ISSN : 23023341     EISSN : 26226774     DOI : Prefix 10.24036/cived
Core Subject : Engineering,
Jurnal CIVED adalah Jurnal ilmiah berkala yang diterbitkan tiga kali setahun, pada bulan Maret, Juni dan September oleh Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang. Jurnal CIVED adalah media untuk mempublikasikan hasil penelitian ilmiah mahasiswa, akademisi, praktisi dan pengamat di bidang teknik sipil termasuk struktur, manajemen konstruksi, manajemen sumber daya air, transportasi, geoteknik, rekayasa lingkungan dan pembelajarannya.
Arjuna Subject : -
Articles 409 Documents
PELATIHAN PEMBUATAN BATAKO SESUAI STANDAR NASIONAL INDONESIA UNTUK PEMUDA PUTUS SEKOLAH Eka Juliafad; Ari Syaiful Rahman Arifin; Prima Yane Putri
CIVED Vol 6, No 4 (2019): DESEMBER 2019
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.312 KB) | DOI: 10.24036/cived.v6i4.107719

Abstract

Batako adalah material yang banyak digunakan untuk dinding bangunan terutama rumah tinggal di Indonesia. Masyarakat di Solok Selatan, Sumatera Barat umumnya juga membangun dinding rumahnya  menggunakan batako. Sayangnya mutu batako yang digunakan tidak memenuhi standar yang ditandai dengan banyaknya rumah masyarakat dengan dinding batakoyang rusak saat terjadi Gempa Sumatera Barat 2019. Observasi lapangan menunjukkan bahwa secara fisik dan mekanik, batako di Solok Selatan tidak memenuhi persyaratan.  Solok Selatan juga memiliki masalah tingginya angka pemuda putus sekolah. Untuk mengatasi permasalahan ini, maka diadakan pelatihan dengan menggunakan metode bimbingan kelompok, terdiri dari ceramah dan latihan pembuatan batako. Dampak dari pelatihan ini diukur dengan menggunakan pre-test dan post-test kepada peserta. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan yang signifikan terhadap pengetahuan dan keterampilan pemuda putus sekolah sebagai mitra untuk pembuatan batako yang sesuai SNI-03-0349-1989.Kata kunci: dinding, gempa, bata, beton, bimbingan kelompok.
EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PELATIHAN PERHITUNGAN VOLUME DAN ANGGARAN BIAYA PADA BANGUNAN INFRASTRUKTUR NAGARI DI KECAMATAN PAUAH DUO KABUPATEN SOLOK SELATAN Nadra Mutiara Sari; Juniman Silalahi; Muvi Yandra
CIVED Vol 6, No 4 (2019): DESEMBER 2019
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.591 KB) | DOI: 10.24036/cived.v6i4.107185

Abstract

Abstract—. Pauh Duo Subdistrict, Solok Selatan Regency is one of the subdistricts that have village funds (BUMNag) that are scattered in every area which aims at equitable development. Therefore the community must know how to manage and implement these funds, especially in infrastructure buildings (buildings, roads, bridges, and drainage). Training to the community is one of the alternatives so that the funds can be absorbed effectively and efficiently. The training focused on calculating the volume and Budget Plan (RAB) of an infrastructure building. This is addressed to residents that involved in managing and implementing village funds in four villages in the Pauah Duo sub-district, namely Nagari Pauah Duo Nan Batigo, Nagari Kapau Alam Pauah Duo, Nagari Luhak Kapau Alam Pauah Duo, and Nagari Alam Pauah Duo. The training was held from the 26th- 29th of September 2019. The results of the training are included in an effective and efficient category. The final evaluation results are in the outstanding category. It can be concluded that the implementation of the training went smoothly with very satisfying results and could improve the quality of public knowledge.Keywords : BUMNag, Training volume and Budget Plan (RAB), Pauh Duo Subdistrict,
PELATIHAN KEPADA TUKANG KONSTRUKSI UNTUK PEMBANGUNAN RUMAH SEDERHANA AMAN GEMPA Di Kecamatan Pauah Duo Kabupaten Solok Selatan Prima Yane Putri; Risma Apdeni; Windry Novalia Jufri
CIVED Vol 6, No 4 (2019): DESEMBER 2019
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1060.595 KB) | DOI: 10.24036/cived.v6i4.107186

Abstract

A 5.3 magnitude tectonic earthquake shook South Solok on Thursday (2/28/2019) at around 6:27 WIB. More than 479 houses were damaged, 15 units of public facilities were slightly damaged, and caused a loss of more than 25.6 billion rupiahs. The damage is mostly experienced by vernacular houses which are generally built by construction workmanship who do not understand the technical requirements for earthquake-safer housing. Therefore, local construction tradesmen as the leading element of housing development in the community, should have received more attention because it is their works that determine the strength of building structure. The use of quality building materials and construction work that refers to the basic requirements of earthquake-safer housing construction must be fulfilled, so that the built structures can become sturdier, strong, and do not endanger the inhabitants in the event of earthquake. This article presents the results of the Community Partnership Program Activities (PKM) toward construction tradesmen in Pauah Duo Subdistrict, South Solok Regency. The evaluation results showed that the average construction workmanship’s knowledge of the basic requirements of earthquake-safer housing construction increased by more than 60%. After the training, the participants have knowledge of simple technology that can be applied to housing construction and damaged house repairing activities. Keywords: Earthquake, construction workmanship, South Solok, earthquake-safer house
FACTORS THAT ENCOURAGE STUDENTS CHOOSING EDUCATION PROGRAM BUILDING TECHNIQUES FT-UNP 444-450 , Adriana Pebriari
CIVED Vol 3, No 1 (2015): MARCH 2015
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (143.622 KB) | DOI: 10.24036/cived.v3i1.4392

Abstract

Abstract This study aims to reveal the factors that encourage students choose courses Education Engineering Building FT-UNP in terms of intrinsic and extrinsic factors. This research is descriptive. Total population of 65 students of Technical Education Building (S1) forces in 2014, with a sample of 56 students. Samples were taken with a probability sampling technique type of simple random sampling. Data were collected using a questionnaire with Likert scale using four answer choices. The number of statements in the questionnaire as much as 40 point statement. These results indicate that the factors that encourage students to choose courses consist of two factors, namely intrinsic and extrinsic factors. Intrinsic factors consist of interests, abilities, and goals. The dominant factor is the intrinsic interest of the students themselves. While extrinsic factors consist of family, peers, teachers, and economics. Extrinsic factors that encourage students choose courses Education Engineering Building is the economy. Keywords: Incentives, Students, Education Building Techniques
KONTRIBUSI CARA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA DIKLAT MENGGAMBAR KONSTRUKSI TANGGA SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN Ilham Satria Tambunan; Risma Apdeni, ST, MT
CIVED Vol 6, No 1 (2019): Maret 2019
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (344.519 KB) | DOI: 10.24036/cived.v6i1.104944

Abstract

Abstract - This study aims to reveal the contribution of the way of learning towards the learning outcomes of Stairs Construction Drawing course of Class XI students of Building Drawing Engineering at SMKN 2 Padangsidimpuan. The population was 40 students of Class XI of Building Drawing Engineering at SMKN 2 Padangsidimpuan. Sample was taken by using total sampling technique. Primary data were obtained from questionnaires containing statements about learning method that were distributed to respondents. Secondary data in the form of learning outcomes were obtained from teachers of the course. Data analysis techniques used are: (1) descriptive analysis, (2) test of analysis requirements, and (3) hypothesis test. From the results of this study it can be concluded that there is a contribution of the way of learning towards the learning outcomes of Stairs Construction Drawing course of Class XI students of Building Drawing Engineering at SMKN 2 Padangsidimpuan. The value of the contribution is 19.80%.Keywords: contribution, Way of learning, learning outcome
HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI MAHASISWA FT UNP DALAM KEGIATAN UKM DENGAN IP SEMESTER JANUARI-JUNI 2015 1744-1764 , YundaPermathaYuara
CIVED Vol 4, No 2 (2016): MEI 2016
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.073 KB) | DOI: 10.24036/cived.v4i2.7907

Abstract

ABSTRACT             This study aims to determine where is a relationship between students' perceptions of FT UNP in UKM with IP semester from January to June, 2015.This study is correlational with two variables and sampling techniques using simple random sampling of 65 of the 78 population. Data were collected using a questionnaire with Likert Scale consisting of four possible answers. Number of items in the questionnaire study on students' perceptions of variable FT UNP registered as members on the activities of UKM in the UKM (x) as many as 33 point statement.The results showed that there was no correlation between student perception FT UNP registered as members of the activities of UKM in UKM with IP in the semester from January to June 2015.  Keywords: Perception students, UKM, IP
PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL PADA MATA KULIAH MEKANIKA TANAH DAN TEKNIK PONDASI Rehan Muhammad Aidil; Yuwalitas Gusmareta, S.Pd, M.Pd.T
CIVED Vol 6, No 3 (2019): SEPTEMBER 2019
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (708.714 KB) | DOI: 10.24036/cived.v6i3.106227

Abstract

Abstrak - Permasalahan yang ada pada Mata Kuliah Mekanika Tanah dan Teknik Pondasi adalah waktu yang digunakan untuk praktikum tidak cukup serta keterbatasan pada alat, media, dan kapasitas laboratorium. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis video tutorial pada Materi Pengujian Pemadatan Tanah pada laboratorium dan lapangan dalam bentuk CD. Penelitian pengembangan ini menggunakan tahapan-tahapan Research and Development yang mengadaptasi model 4D. Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian media pembelajaran untuk ahli materi, ahli media, dan mahasiswa. Berdasarkan penilaian produk pada video tutorial pengujian pemadatan tanah di laboratorium (standard proctor) oleh ahli materi memperoleh skor 2,88 pada aspek materi masuk kategori baik dan 3,67 pada aspek pembelajaran masuk kategori sangat baik. Ahli media menilai 3,43 pada aspek tampilan video dan 4,00 pada aspek pemrograman masuk kategori sangat baik. Sedangkan pada video tutorial pengujian pemadatan tanah di lapangan (sand cone) oleh ahli materi memperoleh skor 3,00 pada aspek materi dan 3,67 pada aspek pembelajaran masuk kategori sangat baik. Ahli media menilai 4,00 pada aspek tampilan video dan pemrograman masuk kategori sangat baik. Penilaian 29 mahasiswa mendapat nilai rata-rata 3,38 masuk kategori sangat baik untuk kedua video tutorial. Berdasarkan hasil penilaian, media yang dihasilkan dinyatakan sangat baik. Kata kunci: video tutorial, media pembelajaran,pemadatan tanah, laboratorium.
PERSEPSI GURU PAMONG TERHADAP KEMAMPUAN MENGAJAR MAHASISWA (Studi Kasus: SMKN 1 Tilatang Kamang dan SMKN 5 Padang) 2113-2117, Insan Kamil
CIVED Vol 5, No 1 (2018): MARET 2018
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.047 KB) | DOI: 10.24036/cived.v5i1.9930

Abstract

Abstract-ThesuccessfulimplementationofPLKisdeterminedby manyfactors,one ofthemistheteachingabilityofPLKstudents.Thisresearchwasconductedtofind outtheperceptionofsupervisorteachersonteachingability ofPLKstudentsat SMKN 1 TilatangKamang and SMKN 5 Padang. The population of this descriptiveresearchwas all 34engineering teacherswhoactedassupervisor at both schools inacademicyear2016/2017.The researchsample was taken by usingtotalsamplingtechnique.Datawerecollectedby usingLikertscale questionnaires. The researchresultshowedthatthe perceptionofsupervisorteacherson teachingability ofPLKstudents was in fair category;for pedagogiccompetency was 74.93%orin faircategory; forpersonality competencywas74.87% orin faircategory;for social competencywas73.66% or infair category; andforprofessionalcompetencywas76.54% or also in faircategory.                                                                                                      Key Word: perception, supervisor teacher, teaching ability
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 1 PARIAMAN Marwan Syafei; Juniman Silalahi
CIVED Vol 5, No 4 (2018): CIVED 2018
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.814 KB) | DOI: 10.24036/cived.v5i4.102483

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh model pembelajaran yang digunakan guru belum sesuai dengan karakteristik mata pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment (eksperimen semu) dengan design Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 1 Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari kelas X DPIB 1, X DPIB 2 dan X BKP. Pengujian instrumen dilakukan di sekolah yang sama dengan kelas yang berbeda yaitu kelas X BKP yang terdiri dari 25 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar (pretest dan posttest) berupa soal objektif sebanyak 25 soal. Data yang dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-test). Berdasarkan hasil penelitian dari perhitungan t-test diperoleh thitung besar dari ttabel. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan dapat diterima pada taraf kepercayaan 95 %. Sehingga hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mekanika Teknik kelas X Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Pariaman.
PENERAPAN DAN SOSIALISASI SEKOLAH SIAGA BENCANA BAGI ANAK-ANAK SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN AGAM PROVINSI SUMATERA BARAT Rizky Indra Utama; Nurhasan Syah; Fitra Rifwan; Nadra mutiara sari; Muvi Yandra
CIVED Vol 5, No 4 (2018): CIVED 2018
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.985 KB) | DOI: 10.24036/cived.v5i4.102629

Abstract

Sebagian besar murid Sekolah Dasar (SD) dikawasan pesisir pantai Kabupaten Agam berdasarkan observasi, belum mengetahui bahaya apa yang akan mereka hadapi, mengingat bahwa kawasan sebagai tempat tinggal dan aktivitas mereka itu adalah zona rawan tsunami. Kondisi daerah-daerah tersebut yang langsung berhadapan dengan Samudera Hindia membuat daerah ini sangat rentan bahaya tsunami. Murid pada tingkat SD masih belum memahami apa itu gempa dan tsunami serta bahaya yang ditimbulkan bencana itu. Perlu diadakan penyuluhan kepada murid-murid sekolah dasar mengingat mereka adalah generasi penerus harapan bangsa. Mereka perlu diajarkan dan diberikan pemahaman serta pelatihan sikap dan mental ketika gempa dan tsunami datang. Hal inilah yang dinamakan mitigasi bencana. Sehingga direncanakanlah program kemitraan masyarakat berupa penerapan dan sosialisasi sekolah siaga bencana bagi anak-anak sekolah dasar di Kabupaten Agam. Penerapan dan sosialisasi mitigasi ini diharapkan akan mengoptimalkan kegiatan preventif penanggulangan korban bencana demi mencapai tujuan Sekolah Siaga Bencana (SSB). Sekolah Siaga Bencana (SSB) merupakan upaya membangun kesiapsiagaan sekolah terhadap bencana dalam rangka menggugah kesadaran seluruh unsur-unsur dalam bidang pendidikan baik individu maupun kolektif disekolah dan lingkungan sekolah baik itu sebelum, saat maupun setelah bencana terjadi. Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk membangun budaya siaga dan budaya aman disekolah dengan mengembangkan jejaring bersama para pemangku kepentingan di bidang penanganan bencana. Meningkatkan kapasitas institusi sekolah dan individu dalam mewujudkan tempat belajar yang lebih aman bagi siswa, guru, anggota komunitas sekolah serta komunitas di sekeliling sekolah. Menyebarluaskan dan mengembangkan pengetahuan kebencanaan ke masyarakat luas melalui jalur pendidikan sekolah. Peserta kegiatan ini adalah siswa sekolah dasar di SDN 25 Pasir Tiku, SDN 01 Pasar Tiku, SDN 20 Pasar Tiku, dan SDN 05 Pasar Tiku Kabupaten Agam. Melalui kegiatan ini diharapkan siswa sekolah dasar memiliki bekal dalam menghadapi bencana gempa dan tsunami khususnya di wilayah pesisir Kabupaten Agam.

Page 1 of 41 | Total Record : 409