Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 4, No 9 (2015): SEPTEMBER 2015

PENGEMBANGAN BUKU AJAR PEMISAHAN CAMPURAN DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK DAN MULTIREPRESENTASI KELAS VII SMP

Pratiwi, Ana (Unknown)
Melati, Husna Amalya (Unknown)
Rasmawan, Rahmat (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2015

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan buku ajar dengan pendekatan konstruktivistik dan multirepresentasi pada materi pemisahan campuran kelas VII SMP yang dikembangkan berdasarkan hasil uji ahli (expert judgement). Penelitian ini berbentuk penelitian dan pengembangan dengan tahapan sebagai berikut: melakukan penelitian pendahuluan untuk mengumpulkan informasi, melakukan perencanaan dan mengembangkan jenis/bentuk produk awal. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 11, SMP Negeri 10 Pontianak, dan SMP Negeri 6 Pontianak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket kelayakan buku ajar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, persentase kelayakan rata-rata buku ajar yang dikembangkan sebesar 84.99 % ditinjau dari aspek kelayakan isi, penyajian, kebahasaan dan kegrafikan berturut-turut: 83,33%, 83,75%, 87,5%, 85,41%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa buku ajar yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran. Kata Kunci: buku ajar, pemisahan campuran, konstruktivistik, multirepresentasi.   Abstract : The aim of this research was to know the feasibility of mixture separation textbook based on constructivist and multiple representation for VIIth SMPN in Pontianak. The form of this research was research and development (R&D) which are consist of preliminary research and information collecting, planning, and develop preliminary form and product. Research subjects are SMPN 11 Pontianak, SMPN 10 Pontianak, and SMPN 6 Pontianak. A Sampling technique that used was purposive sampling. An instrument that is used in this research was textbook feasibility questionnaire. Results of the research shown that the average of feasibility percentage 84,99% consider from content, presentation, language, and graph feasibility respectively: 83,33%, 83,75%, 87,5%, 85,41%. Thereby, it can be concluded that the textbook which developed were very suitable to use as a learning material in learning process. Keywords: textbook, mixture separation, constructivistic, multiple representation  

Copyrights © 2015