Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 5, No 3 (2016): Maret 2016

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDLESS PICTURE DENGAN KOMPUTER UNTUK KECAKAPAN WRITING DI PONTIANAK

Bahri, Syaiful (Unknown)
Umar, Syahwani (Unknown)
Astuti, Indri (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2016

Abstract

Abstrak: Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan produk paket pembelajaran dan media pembelajaran kecakapan writing dengan menggunakan wordless picture media berbasis komputer Dalam penelitian ini, peneliti juga menggunakan beberapa alat pengumpulan data seperti panduan wawancara, ceklis observasi, angket yang memungkin semua data yang diperlukan dapat diperoleh dari hasil wawancara, sebaran angket dan observasi selama proses pembelajaran. Setelah proses yang dilakukan dalam penelitian ini, maka ada beberapa temuan antara lain, produk media pembelajaran dalam bentuk pembelajaran kecakapan writing dengan menggunakan wordless picture berbasis komputer dalam bentuk presentasi Ms. Power point memperoleh tanggapan yang positif dari siswa sebagai pengguna dan guru Bahasa Inggris. Selain itu, baik dalam hal penyajian materi, desain pembelajaran serta media yang digunakan mendapatkan penilaian yang baik dari para ahli sehingga layak untuk digunakan sebagai produk dalam penelitian pengembangan ini.   Kata kunci: Media pembelajaran, kecakapan writing, wordless picture. Abstract: The purpose of this research and development is to produce a package of learning and skill learning media for writing skill using wordless picture-based media computer  the researcher also use some tools of data collection such as guide interview, observation checklist, which now facilitates all necessary data can be obtained from the results of the interview, observation and question form distribution during the learning process. After all the process were completed in this research, so there are several findings, namely, the products of learning media in the form of skills writing using wordless picture with computer-based in the form of a Power point presentation gained a positive responses from students as users and language teachers. In addition, both in terms of presentation materials, instructional design and media used, get a good appraisal from experts so worthy to be used as a product in research development. Keywords: Learning Media, writing prowess, wordless picture.

Copyrights © 2016