Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 5, No 7 (2016): JULI 2016

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR MELALUI PERMAINAN MENGURUTKAN GAMBAR PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Yuliastuty, . (Unknown)
., M. Syukri (Unknown)
., Fadilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2016

Abstract

Abstrak: Masalah dalam penelitian ini adalah “1. Bagaimana perencanaan pembelajaran yang dibuat guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir melalui permainan mengurutkan gambar dalam bentuk bermain pada anak usia 4-5 tahun? 2. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir melalui permainan mengurutkan gambar dalam bentuk bermain pada anak usia 4-5 tahun? 3. Bagaimana peningkatan kemampuan berpikir setelah permainan mengurutkan gambar? Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh setelah diadakan analisis data secara umum dapat di tarik suatu kesimpulan bahwa pada nilai hasil perencanaan pembelajaran  siklus I adalah 2,27 dan hasil pelaksanaan pembelajaran siklus I adalah 2,33. Kesimpulannya pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir anak  telah di laksanakan dengan baik, hal ini disebabkan oleh kegiatan pembelajaran melalui permainan mengurutkan gambar yang bervariasi hal tersebut dapat memotivasi anak untuk meningkatkan kemampuan berpikir. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir, Permainan Mengurutkan Gambar. Abstract:The problem in this research is "1. How teachers made learning plan to improve the ability to think through the game sort pictures in the form of play in children aged 4-5 years? 2. How is the implementation of learning to improve the ability to think through the game sort pictures in the form of play in children aged 4-5 years? 3. How to increase the ability to think after the game sort pictures? This research is a classroom action research, the method used is descriptive method. Based on the results obtained after the holding of general data analysis can pull a conclusion that the value of the learning planning cycle I was 2,27 and the results of implementation of the first cycle of learning is 2.33. The conclusion of learning increased ability to think a child has been implemented well, this is caused by the activities of learning through games sort the images varied it can motivate children to improve the ability to think. Keyword :Thinking Skills, Games Sorting Images.

Copyrights © 2016