Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 5, No 2 (2016): Februari 2016

PENERAPAN MODEL GENERATIF BERBANTUAN MEDIA PICTORIAL RIDDLE UNTUK MEREMEDIASI MISKONSEPSI SISWA DI SMP

Lestari, Ayu (Unknown)
Tiur Maria S, Haratua (Unknown)
Sirait, Judyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2016

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas remediasi dengan penerapan model pembelajaran generatif berbantuan media pictorial riddle pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pontianak pada materi perpindahan kalor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen (Pre Eksperimen Design) dengan rancangan One Group Pre-Test Post-Test. Penelitian ini melibatkan 34 siswa kelas VIII B sebagai sampel yang dipilih secara intact group. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes diagnostik berupa pilihan ganda beralasan. Berdasarkan analisis data untuk seluruh konsep terjadi penurunan jumlah siswa yang mengalami miskonsepsi sebesar 36%. Efektifitas pembelajaran model generatif berbantuan media pictorial riddle termasuk dalam kategori sedang dengan effect size sebesar 0,63. Jadi pembelajaran dengan menggunakan model generatif berbantuan media pictorial riddle efektif untuk meremediasi miskonsepsi siswa. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat digunakan oleh guru sebagai alternatif untuk memperbaiki miskonsepsi siswa dalam memahami konsep perpindahan kalor. Kata Kunci : Model Generatif, dan Pictorial Riddle Abstract: This research aims to determine the effectiveness of remediation by using the implementation of generative learning model with pictorial riddle media on Seventh Grade Students of SMP Negeri 2 Pontianak on heat concept. This research used experimental method (Pre Experimental Design) One Group Pre-Test Post-Test design. The sample of this research involved 34 students of class VIII B that was selected by Intact Group. Diagnostic test with multiple choice reasoned was used to obtain data. The percentage of decreasing student misconception is 36%. The effectivity of generative learning model through  pictorial riddle as a media is 0,63 (size effect). Thus this type of learning can be used by teachers as an alternative teaching metode to decrease student?s misconceptio Keywords : Generative Model , and Pictorial Riddle  

Copyrights © 2016