Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 6, No 2 (2017): Februari 2017

PEMBELAJARAN KESEHATAN REPRODUKSI BAGI MAHASISWI PROGRAM STUDI D.III KEBIDANAN POLTEKKES KEMENKES PONTIANAK

Ningsih, Jupita Suria (Unknown)
., Aswandi (Unknown)
., Fadilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2017

Abstract

Abstrak: Tesis ini berisi hasil penelitian tentang pembelajaran amateri kesehatan reproduksi bagi mahasiswi Program Studi D.III Kebidanan Poltekkes Kemenkes Pontianak. Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah rancangan , proses, evaluasi yang dibuat oleh pengajar pada materi kesehatan reproduksi di kelas Kebidanan Poltekkes Kemenkes Pontianak pada tahun 2015? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan, proses dan evaluasi yang dibuat oleh pengajar pada materi kesehatan reproduksi di kelas Kebidanan Poltekkes Kemenkes Pontianak pada tahun 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data tersebut diperoleh dengan cara observasi, wawancara mendalam, catatan lapangan dan analisis data dokumen serta dokumentasi proses belajar mengajar. Data tersebut dianalisis dengan uji keabsahan data agar memperoleh data yang akurat dan absah. Hasil penelitiannya adalah : (1) Perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru secara umum telah memenuhi syarat dalam pembuatan RPP sebagaimana yang termuat dalam GBMK; (2) Pembelajaran kesehatan reproduksi dilaksanakan sesuai dengan silabus dan perencanaan pembelajaran serta dilakukan dengan menggunakan metode yang bervariasi berdampak positif terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan mahasiswi; (3) Evaluasi pembelajaran menggunakan beberapa instrument penilaian sehingga membuat pengajar lebih memahami berbagai karakteristik dan kemampuan mahasiswi. Kata Kunci: Pembelajaran Materi Kesehatan Reproduksi, D.III Kebidanan   Abstract: This thesis is about the result of the research on teaching reproductive health for female students of Midwifery Studies 3-year Diploma Program Poltekkes Kemenkes Pontianak. The problem in this research was “how is the design, process, evaluations made by the lecturers on lecturing reproductive health in the class of Midwifery Program in Poltekkes Kemenkes Pontianak in 2015?” This research aimed to describe the design, processes and evaluations made by the lecturers on lecturing reproductive health in the class of Midwifery Program in Poltekkes Kemenkes Pontianak in 2015. The method used in this research was qualitative descriptive. The data was obtained by observation, interviews, field notes and documents analysis, and documentation in the learning process. The data were analyzed using the data validity in order to obtain the accurate and valid data. The results of the research are: (1) The teaching learning plan made by lecturers are generally qualified in making the lesson plan as contained in GBMK; (2) Learning reproductive health is done according to the syllabus and lesson plan and conducted by using varied methods giving the positive impact on improvement of knowledge and skills of the students; (3) The evaluation of learning uses several assessment instruments to make the lecturers have better understanding about the characteristics and abilities of the students.   Keywords: Reproductive Health Learning Material, 3-year Diploma Midwifery Program

Copyrights © 2017