Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 5, No 11 (2016): Nopember 2016

ANALISIS PEMANFAATAN BAHAN ALAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK ISLAMIYAH PONTIANAK TENGGARA

Dahlia, . (Unknown)
., Marmawi R (Unknown)
., Lukmanulhakim (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2016

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, perkembangan motorik halus anak, kendala,serta cara mengatasi kendala pembelajaran yang memanfaatkan bahan alam sebagai media untuk mengembangkan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Islamiyah Pontianak Tenggara.Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Subjek penelitian: Kepala Sekolah, 2 guru, dan 21 anak. Hasil penelitian menunjukkan:(1) perencanaan pembelajaran, guru menentukan tema dan tujuan pembelajaran, membuat RKH, menyiapkan media dan alat. (2) Pelaksanaan pembelajaran, guru memberikan penjelasan tentang media dan kegiatan yang akan dilakukan, memberikan contohmengerjakan tugas, serta membimbing anak.(3) mengembangkan motorik halus anak, melalui kegiatan mengecap dengan pelepah pisang, daun, dan kolase dengan pasir. (4) Kendala yang dihadapi, mencari media berupa biji-bijian karena tidak terdapat disekitar TK, anak tidak maubelajar dan anak yang menangis.(5) Mengatasi kendala yakni memanfaatkan bahan alam yang ada di sekitar, menasehati anak, dan membujuk anak agar mau belajar.   Kata Kunci:Pemanfaatan Bahan Alam, Media Pembelajaran, Motorik Halus, Usia 4-5 Tahun.   Abstract:This study aimed to describe the planning, implementation, fine motor development of children, constraints, as well as how to overcome the obstacles of learning that utilizes natural materials as a medium to develop fine motor skills of children aged 4-5 years in TK Islamiyah Pontianak Tenggara. This research method is descriptive method with qualitative approach. Subject of the study: the principal, two teachers and 21 children. The results showed: (1) planning learning, teachers determine the theme and purpose of learning, making RKH, prepare media and tools. (2) Implementation of learning, teachers provide an explanation of media and activities to be carried out, giving examples of tasks, as well as guiding the child. (3) Develop the fine motor skills of children, through taste with banana bark, leaves, and a collage with sand. (4) Constraints faced, looking for media in the form of grains because there are around TK, the child does not want to learn, and children were crying. (5) Overcoming obstacles that utilize natural materials that are around, advised children, and persuade a child to want to learn. Keywords: Utilization of Nature Materials, Media Education, Fine Motor, Ages 4-5 years.

Copyrights © 2016