Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 5, No 12 (2016): Desember 2016

PENGARUH MEDIA MICROSOFT OFFICE POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV

Alianus, . (Unknown)
., Marzuki (Unknown)
Sabri, Tahmid (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2016

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran Microsoft Office Powerpoint terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 35 Pontianak Selatan. Penelitian ini menggunakan Metode Eksperimen dengan bentuk penelitian yaitu Quasi Experimental Design dan bentuk desain eksperimen Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 65 siswa, terdiri dari 32 siswa pada kelas kontrol dan 33 siswa pada kelas eksperimen. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV. Instrument penelitian yang digunakan adalah hasil belajar siswa berupa tes pilihan ganda sebanyak 40 soal. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik pengukuran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran Microsoft Office Powerpoint terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial peserta didik kelas IV. Hasil uji hipotesis menggunakan t-test diperoleh (5,52) > (1,67035). Kata kunci: Microsoft Office Powerpoint, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial. Abstract: This study aimed to analyze the influence of Microsoft Office Powerpoint instructional media for learning outcomes Social Sciences of fourth grade students of State Elementary School 35 South Pontianak. This study used a method experiment with forms of research that Quasi Experimental Design and experiment design forms Non Equivalent Control Group Design. The population in this study is the fourth grade students who are 65 students, consisting of 32 students in the control class and 33 students in the experimental class. Samples in this study were all students of class IV. Instrument this research is student learning outcomes in the form of a multiple choice test of 40 questions. Data collection techniques in this study is the measurement. The results of this research showed that there are significant learning media use Microsoft Office Powerpoint on learning outcomes sosial sciences fourth grade students. The results of hypothesis testing using t-test was obtained t_hitung (5.52)> t_tabel (1.67035). Keyword: Microsoft Office Powerpoint, Learning Outcomes, Social Sciences.

Copyrights © 2016