KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Vol 5, No 3.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)

PENERAPAN MODEL RME DENGAN MEDIA KONKRET DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V

pamuji, ikhwan (Unknown)
suyanto, imam (Unknown)
ngatman, ngatman (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2017

Abstract

Abstrak : Penerapan Model Realistic Matematics Education (RME) dengan Media Konkret dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika tentang Bangun Datar pada Siswa Kelas V SDN 1 Pejagoan Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan  penelitian  ini untuk meningkatkan hasil belajar Matematika tentang bangun datar melalui penerapan model Realistic Matematics Education (RME) dengan media konkret. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek  penelitian  ini  adalah  siswa  kelas  V SDN 1 Pejagoan tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah  31  siswa.  Teknik pengumpulan data berupa teknik tes dan teknik nontes. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan langkah-langkah RME dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar Matematika tentang bangun datar pada siswa kelas V SDN 1 Pejagoan. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya ketuntasan hasil belajar pada tiap siklus. Presentasi ketuntasan pada siklus I=74,25%, siklus II=82,25%, dan siklus III=88,7%. Kata kunci: RME, media konkret, Matematika

Copyrights © 2017