KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Vol 5, No 2.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)

PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN MEDIA VISUAL DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V SDN KEDUNGKAMAL TAHUN AJARAN 2016/2017

Putri, Wenny Herdana (Universitas Sebelas Maret Surakarta)
Ngatman, Ngatman (Unknown)
Joharman, Joharman (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2017

Abstract

Abstrak: Penerapan Model Think Talk Write (TTW) dengan Media Visual dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa  Kelas V SDN Kedungkamal Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V SD melalui penerapan model Think Talk Write dengan media visual gambar peristiwa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Kedungkamal yang berjumlah 25 siswa. Validasi data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis puisi mengalami peningkatan setelah menerapkan model TTW dengan media visual gambar peristiwa. Kata kunci: think talk write, media visual gambar peristiwa, keterampilan                         menulis puisi

Copyrights © 2017