Publikasi Pendidikan
Vol 8, No 2 (2018)

Pengembangan Alat Praktikum Fisika Pada Pokok Bahasan Hukum II Newton Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra

Priatna Pratama Rosidi (Departemen Pendidikan Fisika, FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia)
Muhamad Gina Nugraha (Departemen Pendidikan Fisika, FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia)
Agus Fany Chandra Wijaya (Departemen Pendidikan Fisika, FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2018

Abstract

Alat peraga merupakan komponen penting dalam proses pembelajaran yang mampu membantu penyampaian informasi berupa konsep dari pendidik kepada peserta didik, terutama peserta didik dengan kebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran alat praktikum bagi anak tunanetra pada bahasan hukum II Newton. Metode penelitian Research and Development (R&D) model 3-D (Define, Design, dan Develop) yang direduksi dari model 4-D Thiagajaran digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam penelitian ini. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket penilaian kualitas isi dan tujuan, kualitas intruksional dan kualitas teknis digunakan pada uji coba terbatas pada dua tahap, yaitu uji ahli dan uji pengguna. Uji ahli pada penelitian ini dilakukan kepada 3 orang ahli media dan materi. Uji pengguna dilakukan kepada 3 orang pendidik dan 10 orang peserta didik kelas X SMA LB-A Kota Bandung. Hasil uji terbatas secara keseluruhan menunjukan kualitas media pembelajaran yang dikembangkan masuk kedalam kualifikasi baik sehingga dapat digunakan yang ditinjau dari ketiga kualitas yang disebutkan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...