Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika
Vol 12, No 1 (2016): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ACCELERATED INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 WATANSOPPENG

Andi Ardiansyah Amal (Jurusan Fisika FMIPA UNM)
Herman Herman (UNM)
Abdul Haris (UNM)



Article Info

Publish Date
01 May 2016

Abstract

This research is an experimental research which aimed to: (1) find out the Physics Learning Result of the the X Grade Students at SMAN 2 Watansoppeng who were taught by Team Accelerated Instruction Learning Model (2) find out the Physics Learning Result of the X Grade Students at SMAN 2 Watansoppeng who were taught by Conventional Learning (3) find out if there is a positive influence of Team Accelerated Instruction Learning Model to the Physics Learning Result of the X Grade Students at SMAN 2 Watansoppeng. Population in this research is all students on the X Grade at SMAN 2 Watansoppeng  academic year 2014/2015, consist of eight classes with 176 students, then the sample is randomly chosen. Control class consists of 20 students and so does the experimental class. The descriptive analysis show that the average score of Physics Learning Result of the X Grade Students at SMAN 2 Watansoppeng who were taught by Team Accelerated Instruction Learning Model is on the high category. While the average score of Physics Learning Result of the X Grade Students at SMAN 2 Watansoppeng who were taught by conventional Learning Model is on the low category. Inferential analysis show that there is a difference in the Physics Learning between students who were taught by Team Accelerated Instruction Learning Model and students who were taught by Conventional Learning on the X Grade at SMAN 2 Watansoppeng.Key words: team accelerated instruction, physics learning result, physicsPenelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Watansoppeng yang diajar menggunakan model pembelajaran Team Accelerated Instruction. (2) Untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar fisika peserta didik kelas XSMA Negeri 2 Watansoppeng yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional. (3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang positif model pembelajaran Team Accelerated Instruction terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Watansoppeng. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Watansoppeng pada tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah 176 orang, sedangkan sampelnya diperoleh dengan cara acak. Kelas yang terdiri dari 20 siswa pada kelas kontrol dan 20 siswa pada kelas eksperimen. Hasil analisis deskriptif  menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 2 Watansoppeng yang diajar melalui model pembelajaran Team Accelerated Instruction berada pada kategori tinggi. Sedangkan skor rata-rata hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 2 Watansoppeng yang diajar melalui model pembelajaran konvensional berada pada kategori rendah. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pada hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Team Accelerated Instruction dengan peserta didik yang diajar dengan pembelajran konvensional kelas X SMA Negeri 2 Watansoppeng.Kata Kunci:  team accelerated instruction, hasil belajar, fisika

Copyrights © 2016