Jurnal Nalar Pendidikan
Vol 6, No 2 (2018): JURNAL NALAR PENDIDIKAN

STUDI PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN DAN JENIS KELAMIN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X IPA SMA NEGERI 2 MANOKWARI

Sihotang, John Harkesandi (Unknown)
Suparman, Achmad Rante (Unknown)
Niken, Christiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Think Pair Share (TPS), mengetahui perbedaan signifikan hasil belajar kognitif rata-rata antara peserta didik laki-laki dan perempuan dan mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan jenis kelamin dengan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X IPA pada materi bentuk molekul dan gaya antar molekul. Analisis data yang digunakan adalah uji deskriptif dan inferensial. Pengujian dilakukan dengan uji statistik dengan analisis varian univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Think Pair Share (TPS), tidak ada perbedaan signifikan hasil belajar kognitif rata-rata antara peserta didik laki-laki dan perempuan dan tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan jenis kelamin dengan hasil belajar peserta didik.Kata Kunci: PBL, TPS, Hasil Belajar Kognitif

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

nalar

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Nalar Pendidikan merupakan wadah publikasi hasil karya penelitian yang bersifat kependidikan yang diterbitkan oleh LPM Penalaran UNM. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, terdiri atas 10 karya yang berasal dari dosen, guru, dan mahasiswa. Karya tulis yang diterbitkan dalam jurnal ini ...