Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI Bahasa 1 SMA Negeri 1 Bissapu tahun ajaran 2011/2012. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: (a) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar Antropologi dengan diterapkannya metode pengajaran autentik pada siswa Kelas XI Bahasa 1 SMA Negeri 1 Bissapu tahunajaran 2011/2012 (b) Bagaimanakah pengaruh metode pengajaran autentik terhadap motivasi belajar Pengetahuan Sosial pada siswa kelas XI Bahasa 1 SMA Negeri 1 Bissapu tahun ajaran 2011/2012.Dari hasil analis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (68%), siklus II (79%), siklus III (89%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode pengajaran autentik dapat berpengaruh positif terhadap hasil dan motivasi belajar siswa kelas XI Bahasa 1 serta metode pengajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran pengetahuan sosial.Kata kunci: Metode pengajaran autentik, Penelitian tindakan kelas, Hasil belajar
Copyrights © 2017