Jurnal Nalar Pendidikan
Vol 1, No 1 (2013): JURNAL NALAR PENDIDIKAN

PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA KELAS XII SMAN 1 WATANSOPPENG MENULIS PARAGRAF NARASI MENGGUNAKAN GAGASAN PUISI

Idrus, Misnariah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2013

Abstract

Dibalik pentingnya penguasaan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional, pelajaran ini dirasakan sangat sulit bagi siswa, utamanya kemampuan menulis. Disisi lain, puisi, salah satu jenis karya sastra yang memiliki gagasan yang luas disinyalir berpotensi untuk dijadikan solusi. Penelitian kuasi eksperimen ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan gagasan puisi terhadap peningkatan kemampuan siswa kelas XII SMAN 1 Watansoppeng menulis paragraph narasi. Sampel dipilih secara klaster untuk menentukan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data penelitian diperoleh dengan memberikan tes kemampuan menulis paragraf narasi sebelum dan sesudah perlakuan yang berupa pengajaran menulis paragraf narasi menggunakan gagasan puisi bagi kelas eksperimental, dan tes kemampuan menulis paragraf narasi sebelum dan sesudah pengajaran konvensional bagi kelas kontrol. Data yang diperoleh diuji menggunakan uji-t dimana diperoleh nilai uji-t lebih tinggi daripada tabel-t dengan derajat kesalahan 0,05 menujukkan bahwa hipotesis yang menyatakan penggunaan gagasan puisi meningkatkan kemampuan siswa kelas XII SMAN 1 Watansoppeng dalam menulis paragraf narasi diterima.Kata kunci: Paragraf Narasi, Puisi, Menulis.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

nalar

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Nalar Pendidikan merupakan wadah publikasi hasil karya penelitian yang bersifat kependidikan yang diterbitkan oleh LPM Penalaran UNM. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, terdiri atas 10 karya yang berasal dari dosen, guru, dan mahasiswa. Karya tulis yang diterbitkan dalam jurnal ini ...