Jurnal Nalar Pendidikan
Vol 7, No 2 (2019): JURNAL NALAR PENDIDIKAN

PENGEMBANGAN STRUKTUR MATERI PELATIHAN TIK BAGI GURU SEKOLAH DASAR

Syahid, Aah Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Pendidikan 4.0 menuntut guru sekolah dasar harus mampu mengintegrasikan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk pendidikan dan pembelajaran, oleh karena itu memiliki keterampilan dalam menggunakan TIK adalah sebuah keharusan. Paper ini membahas tentang hasil penelitian yang memiliki tujuan untuk mengembangkan kurikulum pelatihan TIK agar guru menjadi profesional. Penelitian multitahun ini terlaksana sejak tahun 2015 hingga tahun 2019 dengan menggunakan metode R&D untuk; analisis kebutuhan, pengembangan struktur kurikulum dan pengembangan materi pelatihan. Pada hasil penelitian ini telah terbentuk struktur materi kurikulum pelatihan berupa susunan materi pelatihan yang dibutuhkan oleh guru sekolah dasar untuk meningkatkan keterampilan menggunakan TIK dalam pembelajaran. Kurikulum pelatihan ini diharapkan dapat terlaksana dalam bentuk pelatihan yang efektif karena disusun berdasarkan kebutuhan guru dalam keterampilan TIK untuk pembelajaran di sekolah dasar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

nalar

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Nalar Pendidikan merupakan wadah publikasi hasil karya penelitian yang bersifat kependidikan yang diterbitkan oleh LPM Penalaran UNM. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, terdiri atas 10 karya yang berasal dari dosen, guru, dan mahasiswa. Karya tulis yang diterbitkan dalam jurnal ini ...