Jurnal Nalar Pendidikan
Vol 6, No 2 (2018): JURNAL NALAR PENDIDIKAN

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEPAK BOLA MELALUI PERMAINAN GAWANG TONG PADA SISWA KELAS VI SDN 116 ENREKANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Darmawaty, Darmawaty (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VI SD Negeri 116 EnrekangKecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang pada semester II tahun pelajaran 2016/2017. Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 22 siswa. Pertemuan dalam penelitian ini dirancang dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data didapatkan dari hasil tes unjuk kerja yang ditampilkan siswa saat pelaksanaan tes. Dari hasil penelitian ini memberikan gambaran  bahwa melalui permainan gawang tong mampu Peningkatan kompetensi  siswa dalam cabang olahraga  sepak bola. Hasil yang didapatkan  dari pembelajaran sepak bola melalui permainan gawang tong pada siswa Kelas VI SD Negeri 116 Enrekang Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang yaitu dari hasil pada siklus I diketahui prosentase ketuntasan belajar sebesar 71 % dengan jumlah siswa 9, mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 78 %, dengan jumlah ketuntasan 16 siswa. Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Sepak Bola Gawang Tong, Hasil Belajar

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

nalar

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Nalar Pendidikan merupakan wadah publikasi hasil karya penelitian yang bersifat kependidikan yang diterbitkan oleh LPM Penalaran UNM. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, terdiri atas 10 karya yang berasal dari dosen, guru, dan mahasiswa. Karya tulis yang diterbitkan dalam jurnal ini ...