Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran 5E (Engangement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation). Tujuan khusus penelitian mendeskripsikan: 1) keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), 2) aktivitas dan 3) hasil belajar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan yang meliputi perencanaan, tindakan & observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X B Multimedia SMK Negeri 1 Banjarmasin yang berjumlah 26 orang. Data diperoleh melalui observasi dan tes. Hasil penelitian siklus I dan siklus II yaitu: 1) keterlaksanaan RPP pada siklus I dan II bergategori sangat baik 2) aktivitas siswa pada siklus I dan II berkategori cukup aktif, cukup aktif, aktif, dan sangat aktif 3) hasil belajar siswa pada siklus I dan II berkategori tuntas. Diperoleh simpulan bahwa model pembelajaran 5E dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas X B Multimedia SMK Negeri 1 Banjarmasin.
Copyrights © 2019