Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 3, No 1 (2019): FEBRUARI 2019

Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Fisika Berbasis Strategi Motivasi ARCS Dalam Setting Pengajaran Langsung

Diana Lestari (Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Muhammad Arifuddin (Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Abdul Salam M (Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2019

Abstract

Tujuannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran IPA fisika berbasis strategi motivasi ARCS dalam setting pengajaran langsung yang dikembangkan. Kelayakan dari perangkat pembelajaran tersebut ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Perangkat yang dikembangkan yaitu berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), materi ajar, lembar kerja siswa (LKS), dan tes hasil belajar (THB). Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP yang berjumlah 35 siswa. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar keterlaksanaan RPP, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berkategori valid, kepraktisan perangkat pembelajaran berkategori sangat baik, dan efektivitas perangkat pembelajaran termasuk pada kategori sedang. Hasil penelitian disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran IPA fisika berbasis strategi motivasi ARCS dalam setting pengajaran langsung yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jipf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika publishes articles from research in the field of physics education, which have not been published elsewhere. This Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is periodically published by the Physics Education Study Program, Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher ...