Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 2, No 3 (2018): OKTOBER 2018

Pengembangan Bahan Ajar Fisika Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains

Firdha Nur Fadhila (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat)
Muhammad Arifuddin (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat)
Sarah Miriam (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2018

Abstract

Bahan ajar fisika fluida dinamis melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing belum sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini berdampak pada rendahnya Keterampilan Proses Sains dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan  menghasilkan dan mendeskripsikan kelayakan bahan ajar menggunakan model inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan proses sains. Tujuan khusus penelitian mendeskripsikan: (1) validitas bahan ajar dikembangkan berdasarkan uji validasi (2) kepraktisan bahan ajar yang dikembangkan berdasarkan keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran, (3) efektivitas bahan ajar yang dikembangkan berdasarkan hasil belajar kognitif siswa dan (4) ketercapaian KPS dikembangkan berdasarkan lembar pengamatan KPS. Jenis penelitian ini, yaitu penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek uji coba penelitian ini adalah 20 siswa kelas XI IPA 2 SMA KORPRI Banjarmasin. Data diperoleh melalui lembar validasi bahan ajar, lembar pengamatan keterlaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, lembar tes hasil belajar dan lembar pengamatan KPS. Teknik analisis data meliputi, validitas, reliabilitas dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) validitas bahan ajar yang dikembangkan adalah valid, (2) kepraktisan bahan ajar adalah terlaksana sangat baik, (3) efektivitas bahan ajar adalah sedang dan (4) ketercapaian KPS adalah sangat baik. Diperoleh simpulan bahwa bahan ajar menggunakan model inkuiri terbimbing pada pokok bahasan fluida dinamis layak untuk digunakan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jipf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika publishes articles from research in the field of physics education, which have not been published elsewhere. This Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is periodically published by the Physics Education Study Program, Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher ...