Jurnal Tata Busana
Vol 8, No 3 (2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DIBANTU MEDIA VIDEO PADA MATERI PEMBUATAN POLA BLUS WANITA KELAS X BUSANA DI SMK NEGERI 1 BUDURAN SIDOARJO TAHUN PELAJARAN 2018-2019

MUSTIKA MAULITA, DIAH (Unknown)
, MARNIATI (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2019

Abstract

ABSTRAK Penerapan model pembe?ajaran kooperatif tipe jigsaw da?am kompetensi dasar membuat pola blus secara konstruksi kelas X Fasion desain SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo tahun pelajaran 2018/2019 ini bertujuan untuk 1) mendiskipsikan ketelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada kelas X di SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo tahun pelajaran 2018/2019. 2) Mengetahui hasil belajar siswa pada kompetensi membuat pola blus wanita dengan media video di kelas X tata busana di SMKN1 Buduran Sidoarjo 3) Mendiskripsikan sikap sosial tanggung jawab, bekerjasama, saling menghargai, disiplin, dan percaya diri siswa saat penerapan model pembe?ajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas X Fasion desain SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo tahun pelajaran 2018/2019 ini berlangsung. Metodologi penelitian ini mengunakan mix method yang menggabungan antara penelitian kuantitatif (quasi experiment) dan deskriptif. Penelitian dilaksanakan mulai dari bulan Januari sampai Februari 2018 di SMK Negeri 6 Surabaya. Desain penelitian adalah One Group Pretest - Posttest. Metode pengumpulan data adalah Metode test dan Metode observasi. Uji validitas dengan judgement expert, dan anates. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan alisis kuantitatif uji Wilcoxon signed rank test denga bantuan komputer SPSS for windows. Hasil penelitian menunjukkan: 1) keterlaksanaan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada kompetensi dasar membuatan pola blus secara konstruksi dilaksanakan sesuai dengan sintak pembelajaran kooperatif tipe jigsau dengan kategori baik. 2) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar kompetensi dasar membuat pola blus secara konstruksi siswa kelas X Fasion desain SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo. 3) sikap sosial siswa yang dominan muncul ada?ah sikap saling menghargai, bekerja sama, tanggung jawab dengan kategori sangat baik selanjutnya adalah disiplin dan percaya diri kategori baik saat penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam kompetensi dasar membuatan pola blus wanita secara konstruksi. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, sikap sosial siswa, hasil belajar siswa, kompetensi membuat pola blus wanita secara konstruksi. ABSTRACT Application of the cooperative learning type jisaw in the basic competencies to make a blouse pattern in construction class X fasion design SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo 2018/2019 aims to 1) describe the implementation of cooperative learning type of jigsaw in class X design Fasion of SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo academic year 2018/2019. 2) Knowing the results of basic competency learning to make the blouse pattern constructively in class X design Fasion of SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo 2018/2019 academic year using video. 3) Describe students social attitudes which include responsibility, cooperation, mutual respect, discipline, and confidence in students when applying the jigsaw type cooperative learning model in the basic competencies in constructing the blouse pattern in construction class X design Fasion SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo 2018/2019. This research is a mix method research which combines quantitative (quasi experiment) and descriptive research. The research was conducted from January to February 2018 in SMK Negeri 6 Surabaya, The research design is the Pre-test and Post-test. Data collection methods are test methods and observation methods. Test validity with expert judgment. The data analysis technique used was descriptive analysis and quantitative analysis of the Wilcoxon signed rank test with the help of SPSS for Windows computers. The results of the study showed: 1) the implementation of cooperative learning jigsaw type on basic competencies in constructing the blouse pattern constructively carried out in accordance with the cooperative learning jigsau type syntax in the good category. 2) there is the influence of the jigsaw type cooperative learning model on the results of basic competency learning to construct the blouse pattern constructively in class X design Fasion SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo. 3) the dominant social attitudes of students appearing in mutual respect, working together, responsibility with the next excellent category are discipline and confidence in the good category when applying the cooperative learning jigsaw type model in the basic competency of constructing womens blouse patterns in a constructive manner. Keywords: jigsaw cooperative learning model, students social attitudes, student learning outcomes, competence in constructing womens blouse patterns.

Copyrights © 2019