Jurnal S2 Pendidikan Sains
Vol 2, No 03 (2013): Jurnal Inkuiri

PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DENGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS FLASH DAN VIDEO INTERAKTIF DITINJAU DARI KEMAMPUAN MEMORI DAN KREATIVITAS

Purbosari, Para Mitta ( Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 57126, Indonesia)
Ashadi, Ashadi Tri ( Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 57126, Indonesia)
Mulyani, Sri ( Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 57126, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh penggunaan media animasi berbasis flash danvideo interaktif pada model pembelajaran TGT, kemampuan memori, kreativitas, dan interaksinya terhadapprestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model eksperimen, dilakukan di SMK Negeri 2 Sukoharjotahun Pelajaran 2012/2013. Dalam penelitian ini sampel dipilih secara cluster random sampling. Kelaseksperimen I menggunakan model pembelajaran TGT dengan media animasi berbasis flash dan kelaseksperimen II menggunakan media video interaktif. Uji hipotesis menggunakan uji nonparametrik yaitu ujiKruskal-Wallis. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1). ada pengaruh penggunaan model TGT melaluimedia animasi berbasis flash dan video interaktif terhadap prestasi belajar siswa, (2). tidak ada pengaruhkemampuan memori tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar siswa, (3). tidak ada pengaruh kreativitastinggi dan rendah terhadap prestasi belajar siswa, (4). ada interaksi antara media pembelajaran TGT dengankemampuan memori terhadap prestasi belajar siswa, (5). ada interaksi antara media pembelajaran TGTdengan kreativitas terhadap prestasi belajar siswa, (6). tidak ada interaksi antara kemampuan memori dengankreativitas terhadap prestasi belajar siswa, (7). ada interaksi antara media pembelajaran TGT, kemampuanmemori, dan kreativitas terhadap prestasi belajar siswa.Kata kunci: prestasi belajar, eksperimen, uji non parametrik, lambang unsur, tata nama senyawa.

Copyrights © 2013