Swara Bhumi
Vol 1, No 2 (2019)

STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA PULAU LUSI DI KECAMATAN JABON KABUPATEN SIDOARJO

ISLAMIYAH RAKHMAH, DINA (Unknown)
, KUSPRIYANTO (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2019

Abstract

AbstrakPulau Lusi merupakan salah satu destinasi wisata baru di Sidoarjo yang diharapkan dapat menjadi tujuan wisatayang berwawasan lingkungan dengan tema pemanfaatan, penelitian, pembelajaran serta pelestarian mangrove. PulauLusi belum dikenal secara luas oleh masyarakat karena pengunjung masih didominasi dari kecamatan Jabon dan daerahsekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dan prioritas pengembangan yang dapat diterapkanpada objek wisata Pulau Lusi.Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitiandilakukan di Pulau Lusi yang terletak di Desa Kedungpandan, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo. Respondendalam penelitian ini berjumlah 30 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan datamenggunakan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis strategi pengembangan berdasarkan InternalFactor Analysis Summary (IFAS) dan External Factor Analysis Summary (EFAS) pada analisis SWOT.Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan nilai faktor strength (kekuatan) menunjukkan angka sebesar 1,9933 dannilai faktor weakness (kelemahan) sebesar 0,6659. Hasil perhitungan nilai faktor opportunity (peluang) menunjukkannilai sebesar 1,6543 dan nilai faktor threat (ancaman) sebesar 1,1111. Perhitungan dengan analisis SWOT menunjukkanbahwa objek wisata Pulau Lusi berada pada kuadran I, strategi yang diterapkan dalam kondisi ini adalah strategi agresif(growth oriented strategy). Prioritas utama strategi pengembangan untuk objek Pulau Lusi dengan total skor 0,3160yaitu meningkatkan promosi di berbagai media promosi dengan pemanfaatan teknologi promosi agar masyarakat dapatlebih mengenal objek wisata Pulau Lusi.Kata Kunci : Strategi, Pengembangan, Analisis SWOT

Copyrights © 2019