PROSIDING : Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika
Vol 1, No 3 (2012)

MEMBENTUK SIKAP ILMIAH DALAM PENULISAN LAPORAN PRAKTIKUM FISIKA DENGAN KONSULTASI BERBANTUAN E-MAIL PADA SISWA KELAS XII IPA4 SMA N 2 KEBUMEN

Kholifudin, M. Yasin (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2012

Abstract

Beberapa sikap ilmiah pada siswa yang perlu dibentuk antara lain; rasa ingin tahu, tidak percaya tahayul, jujur dalam menyajikan data, faktual, terbuka pada pikiran dan gagasan baru, kreatif dalam menghasilkan karya ilmiah, peduli terhadap mahluk hidup dan lingkungan, tekun dan teliti.Waktu tatap muka yang terbatas di sekolah kurang dapat mengakomodasi waktu diskusi dan konsultasi yang cukup untuk menumbuhkan sikap-sikap tersebut dalam penulisan laporan praktikum fisika.  Untuk itu e-mail digunakan sebagai sarana penunjang yang memungkinkan siswa dapat tetap berkonsultai dengan guru secara online atau offline 24 jam pada hari-hari sebelum saat pengumpulan laporan. Observasi dilakukan pada siswa kelas XII IPA 4 SMA Negeri 2 Kebumen tahun pelajaran 2011/2012 dengan 41 siswa yang terbagi dalam 10 kelompok praktikum semua memiliki alamat e-mail.Teramati bahwa sikap-sikap ilmiah mulai terbentuk, pengumpulan laporan praktikum lebih efisien dan efektif, berkurangnya penggunaan kertas, dan tersimpannya laporan praktikum dalam akun e-mail. Hasil-hasil ini disimpulkan berdasarkan data-data observasi yang meliputi alamat e-mail siswa, angket sikap ilmiah, dan hasil laporan praktikum. Pada kelompok/ siswa yang mengoptimalkan berkonsultasi berbantuan lewat e-mail, sikap-sikap ilmiah yang terbentuk pada mereka dan penulisan laporan praktikum cepat terselesaikan. Kata kunci: E-mail, sikap ilmiah, laporan praktikum fisika.

Copyrights © 2012