Inovasi Pendidikan Fisika
Vol 8, No 2 (2019)

PENINGKATAN LITERASI SAINS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY

ZULFIATI ISTIQOMAH, CHUSNIAH (Unknown)
HARIYONO, EKO (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2019

Abstract

Literasi sains yaitu kemampuan dalam memaknai dan menerapkan sains untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan pertimbangan sains. Penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan literasi sains siswa dengan penerapan Guided Inquiry pada materi usaha dan energi. Penelitian ini dengan menggunakan one group pretest posttest design dengan menggunakan tiga kelas. Peningkatan literasi sains diperoleh dari tes literasai sains yang dianalisis dengan analisis n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa pada kelas eksperimen dan kelas replikasi meningkat secara signifikan dengan n-gain kelas eksperimen sebesar 0,700, kelas replikasai 1 sebesar 0,644, dan kelas replikasi 2 sebesar 0,689 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil rata-rata n-gain ketiga kelas peningkatan kemampuan literasi sains siswa terjadi setelah penerapan Guided Inquiry. Kelas replikasi dalam penelitian ini digunakan sebagai pengulangan kelas eksperimen untuk keajegan penelitian. Kata kunci: Guided Inquiry, Literasi Sains, Usaha dan Energi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

inovasi-pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Inovasi Fisika Indonesia(IFI) merupakan jurnal peer-reviewed, ISSN: 2302-4313, yang dikelola dan diterbitkan oleh Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Jurnal ini tersedia gratis untuk seluruh pembaca dan mencakup ...