cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Inovasi Pendidikan Fisika
  • inovasi-pendidikan-fisika
  • Website
ISSN : 23024496     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Inovasi Fisika Indonesia(IFI) merupakan jurnal peer-reviewed, ISSN: 2302-4313, yang dikelola dan diterbitkan oleh Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Jurnal ini tersedia gratis untuk seluruh pembaca dan mencakup perkembangan dan penelitian dalam bidang fisika. Jurnal ini diperuntukkan bagi mahasiswa Program Studi Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Surabaya.
Arjuna Subject : -
Articles 413 Documents
STUDENTS’ RESPONSES TO THE IMPLEMENTATION OF GUIDED INQUIRY MODEL INTEGRATED WITH VOLCANIC DISASTER MITIGATION ON PHYSICS LEARNING ANGGIE FERINA, YOELANDA
Inovasi Pendidikan Fisika Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : Inovasi Pendidikan Fisika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine students responses to the implementation of physics learning with a guided inquiry model integrated with volcanic disaster mitigation. This type of research is quantitative descriptive research methods with quasi experimental design and research design Non-equivalent control group design. The subjects of this study were students of class XI odd semester 2019/2020 SMAN 1 Puncu Kediri which is a disaster-prone school under the foot of Mount Kelud. Student responses were collected using a response questionnaire that was prepared with a Likert scale and the results were analyzed descriptively quantitative. Based on data analysis, the results show that students responses to the implementation of physics learning with guided inquiry models integrated with volcanic disaster mitigation are included in the excellent category with an average percentage above 80% which shows that the model can be well received by students and can be applied further on learning physics and other subjects.Keywords: Guided Inquiry, Student?s responses, Disaster mitigation
MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN LKPD BERBASIS COLLABORATIVE CREATIVITY OKTAFINA, ROMAFIKA
Inovasi Pendidikan Fisika Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : Inovasi Pendidikan Fisika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dengan menggunakan LKPD berbasis collaborative creativity pada materi fluida statis. Penelitian ini menggunaka metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan subjek penelitian 36 peserta didik kelas XI-MIPA 3 SMAN 1 Sumberrejo. Keterampilan berpikir kreatif peserta didik dinilai berdasarkan hasil pekerjaan peserta didik dalam menyelesaikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan dianalisis menggunakan perhitungan skor rata-rata. Dari empat indikator berpikir kreatif, hasil penelitian menunjukkan bahwa Indikator orisinality mendapatkan hasil paling tinggi yaitu dengan skor 3,67 dan indikator fluency mendapatkan hasil paling rendah dengan skor 3,30. Dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kreatif peserta didik terlatih dengan baik menggunakan LKPD berbasis collaborative creativity sebagai instrumen melakukan kerja ilmiah. Kata Kunci: Keterampilan berpikir kreatif, collaborative creativity dan LKPD
VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBANTUAN GRAVITY RALLING BALL PADA MATERI GETARAN HARMONIS AULIYAH, FAUZIYAH
Inovasi Pendidikan Fisika Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : Inovasi Pendidikan Fisika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kevalidan perangkat pembelajaran langsung berbantuan gravity ralling ball ditinjau pada hasil validasi oleh ahli terhadap perangkat pembelajaran. Untuk mencapai tujuan penelitian ini analisis penelitian dilakukan secara diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran langsung (direct instruction) berbantuan gravity ralling ball pada materi getaran harmonis valid digunakan dalam pembelajaran ditinjau dari aspek validitas. Kevalidan berdasarkan hasil validitas oleh ahli meliputi kevalidan silabus 88%, RPP 88,33%, buku ajar 86,67%, LKPD 85,19 dan lembar penilaian 87,62%. Kata Kunci: Kevalidan perangkat pembelajaran, pembelajaran langsung, gravity ralling ball.
VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL DIRECT INSTRUCTION BERBANTU KIT EH-US20 PADA MATERI ELASTISITAS WAHYUNI, ELLIA
Inovasi Pendidikan Fisika Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : Inovasi Pendidikan Fisika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Direct Instruction merupakan model pembelajaran yang mengajarkan pengetahuan deklaratif dan prosedural tahap demi tahap Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan validitas perangkat pembelajaran langsung berbantu kit EH-US20 pada materi elastisitas.Perangkat pembelajaran yang dideskripsikan terdiri dari silabus, RPP, LKPD, dan lembar evaluasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif-kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentese validitas Silabus sebesar 85%, persentese validitas RPP sebesar 81%, persentase validitas LKPD sebesar 85%, dan persentase validitas lembar evaluasi sebesar 83%. Sehingga perangkat yang dikembangkan sangat valid digunakan dalam pembelajaran Fisika. Kata Kunci: Validitas perangkat pembelajaran, pembelajaran direct instruction, kit EH-US20
PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DENGAN METODE PICTORIAL RIDDLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA HARIS SETIAWAN, ANDRI
Inovasi Pendidikan Fisika Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : Inovasi Pendidikan Fisika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Tujuan utama dari penelitian ini untuk mendiskripsikan pengaruh pembelajaran model inkuiri terbimbing dengan metode pictorial riddle terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian non-equivalent control group design dengan jenis penelitian quasi eksperimental design menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan angket. Data penelitian hasil belajar berupa hasil pre-test dan post-test yang dianalisa secara kuantitatif mengunakan Uji T dan N-gain. Hasil menunjukkan bahwa hasil belajar pada siswa yang diberikan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode pictorial riddle mengalami peningkatan yang signifikan dan mendapatkan nilai n-gain pada intrepetasi sedang dengan skor 0,66. Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen yang diberikan metode pictorial riddle dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak diberikan metode pembelajaran pictorial riddle. Sedangkan untuk respon peserta didik didapatkan respon yang sangat positif dengan presentase 98%. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran pictorial riddle dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Inkuiri Terbimbing, Pictorial Riddle.
VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY BERBANTUAN ETR-SW20 PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS LAILA KURNIAWATI, EKA
Inovasi Pendidikan Fisika Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : Inovasi Pendidikan Fisika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan Perangkat Pembelajaran Guided Discovery Berbantuan ETR-SW20 (Eka Tangki Riak-Speaker Woofer 2020) Pada Materi Gelombang Mekanik Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains ditinjau pada hasil validasi oleh ahli terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Perangkat pembelajaran yang dideskripsikan diantaranya RPP, LKPD, Buku ajar, dan Lembar Penilaian. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif-kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang menggunakan lembar validasi untuk mengetahui kevalidan dari perangkat. Dari hasil penilaian dinyatakan bahwa perangkat yang dikembangkan valid digunakan sebagai bahan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perangkat Pembelajaran Guided Discovery Berbantuan ETR-SW20 (Eka Tangki Riak-Speaker Woofer 2020) Pada Materi Gelombang Mekanik Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains valid digunakan dalam pembelajaran ditinjau dari aspek validitas. Kevalidan berdasarkan hasil validitas oleh ahli meliputi kevalidan silabus 88%, RPP 84%, buku ajar 80%, LKPD 85% dan lembar penilaian 83%. Kata Kunci: Validitas, Perangkat Pembelajaran, KPS.
VALIDASI PERANGKAT PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) BERBANTUAN MEDIA “ESL” PADA MATERI ALAT OPTIK SASRIYANA, ENNOER
Inovasi Pendidikan Fisika Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : Inovasi Pendidikan Fisika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan perangkat pembelajaran PBL (problem based learning) berbantuan media eSL ditinjau dari kevalidannya. Metode yang digunakan adalah deskriptif-kuantitatif , dan teknik pengumpulan data menggunakan lembar instrumen validasi dengan skala penilaian yang digunakan adalah skala Likert. Hasil rekapitulasi perhitungan perangkat pembelajan ini menyatakan perangkat pembelajaran PBL (problem based learning) berbantu media eSL pada materi alat optik valid digunakan saat proses pembelajaran, dengan rincian validitas yaitu validitas silabus 82.14% kategori sangat valid, validita RPP 81.25% kategori sangat valid, validita LKPD 85.42% kategori sangat valid, validita penilaian kognitif 80.68% kategori valid, dan validitas penilaian keterampilan peserta didik 82.14% kategori sangat valid.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI GETARAN HARMONIK DI SMA NEGERI 1 DRIYOREJO FITRIANI, INUN
Inovasi Pendidikan Fisika Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : Inovasi Pendidikan Fisika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keterampilan proses sains ditingkatkan untuk mengembangkan kemampuan berpikir ilmiah siswa secara utuh dalam membangun pengetahuannya. Keterampilan proses sains dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran inkuiri. Model pembelajaran inkuiri merupakan pembelajaran dengan cara siswa menemukan dan menggunakan variasi sumber informasi pada suatu permasalahan serta memerlukan keterampilan penyelidikan, eksplorasi, bertanya, dan riset sehingga menantang siswa untuk menghubungkan dunia mereka dengan rencana pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendiskripsikan keterampilan proses sains setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri. Desain pre experimental dengan bentuk one group pre-test post-test design diterapkan pada sampel yang terdiri atas tiga kelas. Keterampilan proses sains yang ditingkatkan antara lain merumuskan hipotesis, mengklasifikasi variabel, merencanakan percobaan, menerapkan konsep, dan mengkomunikasikan. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan proses sains meningkat signifikan berdasarkan uji t berpasangan. Peningkatan keterampilan proses sains berdasarkan uji n-gain adalah sedang. Keterampilan proses sains yang ditingkatkan tidak berbeda pada tiga kelas atau konsisten berdasarkan analisis varians satu arah (ANAVA). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan keterampilan proses sains mendapat respon baik.Kata kunci: keterampilan proses sains, inkuiri, getaran harmonik
VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI TEORI KINETIK GAS MELINDA, VINA
Inovasi Pendidikan Fisika Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : Inovasi Pendidikan Fisika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kevalidan perangkat pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) ditinjau pada hasil validasi oleh ahli terhadap perangkat pembelajaran. Untuk mencapai tujuan penelitian ini analisis penelitian dilakukan secara diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran PBL pada materi teori kinetik gas valid digunakan dalam pembelajaran ditinjau dari aspek validitas. Kevalidan berdasarkan hasil validitas oleh ahli meliputi kevalidan silabus 93,75%, RPP 95,00%, LKPD 94,75% dan lembar evaluasi 96,50%. Kata Kunci: validitas, perangkat pembelajaran, Problem Based Learning, Teori Kinetik Gas.
PENGEMBANGAN ELEKTROSKOP SEDERHANA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI LISTRIK STATIS PRADANA, AGIL
Inovasi Pendidikan Fisika Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : Inovasi Pendidikan Fisika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini yaitu menghasilkan alat peraga elektroskop sederhana sebagai media pembelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE dengan tahapan meliputi Analysis (Analisis), Design (Perencanaan), Develop (Pengembangan), Implementation (Penerapan), dan Evaluation (Evaluasi). Alat peraga yang dikembangkan diujicobakan secara luas pada peserta didik di SMA dengan menggunakan rancangan penelitian ?One Group Pre-test Post-test Design? dengan dua kelas eksperimen. Data hasil penelitian ini berupa validitas alat peraga sebesar 81,25% dengan kategori sangat layak untuk digunakan. Adapun ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 89,5% dari 60 peserta didik yang tersebar dalam dua kelas. Berdasarkan hasil analisis lembar evaluasi hasil belajar peserta didik untuk mengetahui tingkat kenaikan nilai ranah kognitif peserta didik didapatkan nilai gain sebesar 0,73 dengan 65% kategori tinggi dan 35% kategori sedang. Sedangkan untuk respon peserta didik didapatkan respon yang sangat positif dengan presentase 85%. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa alat peraga elektroskop sederhana telah layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika materi listrik statis. Kata kunci : elektroskop sederhana, media pembelajaran, kelayakan

Page 1 of 42 | Total Record : 413