PAUD Teratai
Vol 5, No 3 (2016): Volume 5 No. 3 Edisi Yudisium September 2016

PENGARUH KEGIATAN MENGGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA ANAK KELOMPOK B

Megawati, Putri Fajar (Unknown)
Mahmudah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2016

Abstract

Abstrak Penelitian kuantitatif ini untuk mengetahui dan menganalisis apakah kegiatan menggambar dapat meningkatkan kemampuan bercerita anak kelompok B di TK Jenderal Sudirman Surabaya. Subyek penelitian berjumlah 19 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi.. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji paired sample t-test independen dengan taraf signfikasi ? = 5% (0,05). Berdasarkan hasil penelitian dengan uji paired sample t-test independen, dapat diketahui bahwa nilai sig. (0,000) < 0,05 maka pengambilan keputusannya yaitu: Ho ditolak sehingga dapat dinyatakan bahwa kegiatan menggambar berpengaruh terhadap kemampuan bercerita anak kelompok B di TK Jenderal Sudirman Surabaya.Kata kunci: Menggambar, Kemampuan bercerita   Abstract This quantitative research is to know and analyze  whether the practicing drawing can increase storytelling ability of the students of group B at TK Jenderal Sudirman Surabaya. Subject of this research is 19 students. Data collecting technique  is using observation and documentation. Data analysis technique  is using paired sample t-test independen with significance level ? = 5% (0.05). Based on result of the research using paired sample t-test independen, it is known that sig. value (0,000) < 0,05 so the decision is Ho is rejected, then it can be stated that practicing drawing influences storytelling ability of the students of group B at TK Jenderal Sudirman Surabaya. Keywords: Drawing, storytelling ability

Copyrights © 2016