cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
PAUD Teratai
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 411 Documents
PENGARUH KEGIATAN MAKAN BERSAMA TERHADAP KEMAMPUAN DISIPLIN ANAK KELOMPOK B TKIT HASANAH FIDDAROIN WARU SIDOARJO ARIYANI PUTRI, FAHIMAH; KOMALASARI, DEWI
PAUD Teratai Vol 8, No 3 (2019)
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Disiplin sangat penting untuk tumbuh kembang anak, karena dengan anak berdisiplin dapat memantapkan peran sosial anak pada dewasa nanti. Penerapan disiplin bisa dilakukan melalui kegiatan sehari-hari anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh kegiatan makan bersama terhadap kemampuan disiplin pada saat makan anak kelompok B di TKIT Hasanah Fiddaroin Waru Sidoarjo. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya disiplin anak pada saat waktu istirahat berlangsung. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 anak di TKIT Hasanah Fiddaroin Waru Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian quasy-eksperimental dengan jenis nonequivalent pretest-postest control group desain. Teknik analisis data menggunakan uji data statistik non-parametrik yaitu Mann Whitney U-Test dengan program SPSS versi 19 versi windows.Hasil analisis data uji Mann Whitney U-Test menunjukkan nilai diketahui Asymp. Sig. (2 tailed) sebesar 0,000 dimana nilai ini lebih kecil dari batas alpha signifikansi 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kenaikan perubahan nilai kemampuan disiplin pada kegiatan makan bersama, hasil postest terhadap hasil pretest (postest ? pretest) antara kelompok kontrol dan eksperimen. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) di tolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kegiatan makan bersama terhadap kemampuan disiplin anak kelompok B TKIT Hasanah Fiddaroin Waru Sidoarjo. Pengaruh pada kemampuan anak yaitu: 1) anak paham aturan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan; 2)anak memahami aturan berdo?a sebelum dan sesudah makan; 3)anak paham bahwa makan menggunakan tangan kanan; 4)anak paham makan dengan duduk rapih; 5)anak mampu menghabiskan makanan ; 6) anak mampu membersihkan sisa makanan, dan membuang pada tempat sampah.Kata Kunci : kegiatan makan bersama, kemampuan disiplin anakThis study aims to examine the presence or absence of the influence of joint dining activities on the ability of discipline when eating group B children at TKIT Hasanah Fiddaroin Waru Sidoarjo. This research is motivated by the lack of optimal discipline of the child at rest time. The subjects in this study were 30 children at TKIT Hasanah Fiddaroin Waru Sidoarjo. This study uses a quantitative experimental approach to the quasy-experimental research design with the type of nonequivalent pretest-postest control group design. The data analysis technique used non-parametric statistical data test, namely Mann Whitney U-Test with SPSS version 19 windows version.The results of the analysis of the Mann Whitney U-Test test data indicate the known value of Asymp. Sig. (2 tailed) of 0,000 where this value is smaller than the alpha significance level of 0.05 so that it can be concluded that there is a difference in the increase in changes in the value of disciplinary abilities in joint eating activities, the results of the post-test against the results of the pretest (posttest - pretest) between the control and experimental groups. This shows that the alternative hypothesis (Ha) is accepted and the null hypothesis (Ho) is rejected. Thus, it can be concluded that there is an influence of joint eating activities on the discipline ability of group B TKIT Hasanah Fiddaroin Waru Sidoarjo students. Effects on childrens abilities, namely: 1) children understand the rules of washing hands before and after eating; 2) children understand the rules of praying before and after eating; 3) children understand that eating using the right hand; 4) children understand eating by sitting neatly; 5) children are able to spend food; 6) children are able to clean up food scraps, and throw it in the trash.Keywords: eating activities, Ability to discipline of children
STUDI KASUS PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA KONSEP MENULIS ANAK DI TK DHARMA WANITA II UNESA SURABAYA TEFRUAM, SEBIBA; RINAKIT ADHE, KARTIKA
PAUD Teratai Vol 8, No 3 (2019)
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan motorik halus dalam kegiatan menulis dan menebali huruf di Tk A Dharma Wanita II Unesa Surabaya. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini yaitu 15 anak TK A Dharma Wanita II Unesa Surabaya. Hasil penelitian di Tk A Dharma Wanita II Surabaya dengan subyek penelitian 15 anak. Karakteristik ketrampilan motorik halus anak itu dikatakan baik apabila tujuan dari perkembangan motorik halus dalam menebali huruf. Pada penelitian ini, peneliti melihat pekembangan motorik halus pada konsep menulis anak di Tk A Dharma Wanita II Unesa Surabaya. Berdasarkan hasil observasi tanggal 22-24 oktober 2018 yang dilakukan di TK A Dharma Wanita II Unesa Surabaya. Dengan jumlah 24 anak di kelompok A, peneliti menemukan 15 dari 24 anak menulis menebali huruf dari kanan ke kiri. Sehingga anak tidak dapat menyelesaikan tugas dengan baik yang diberikan oleh guru kelas mengerjakan LKA karena kemapuan menulis anak kurang berkembang, kususnya dalam menebali huruf anak masih menulis dari kanan ke kiri. diakibatkan anak belum memahami tentang cara penulisan yang baik, sehingga dapat membuat anak belum mampu memegang pensil dan menebali huruf dengan benar. Kata Kunci : motorik halus, konsep menulis Abstract This study aims to describe the development of fine motor skills in writing and bolding activities in Tk A Dharma wanita II Unesa Surabaya. This research method is a qualitative descriptive study. The subjects in this stady were 15 kindergarten children A Dharma Wanita II Unesa Surabaya. The results of research at Tk Dharma Wanita II Unesa Surabaya with 15 research subjects. Characteristics of chidren?s fine motor skills are said to be good if the purpose of fine motor development is to bold letters. In this study, researchers looked at fine motor development in the concept of writing children in kindergarten A Dharma Wanita II Unesa Surabaya. Based on observation on October 22-24, 2018 conducted at Tk A Dharma wanita II Unesa Surabaya. With a total of 24 children in group A, researchers found 15 out of 24 children wrote thickened letters from right to left. So the child cannot complete the assignment well given by the class teacher working on LKA because the child?s writing ability is less developed, especially in thickening the letters the child is still writing from right to left. Caused by children not understanding about good writing methods, so as to make children not able to hold a pencil an thicken letters correctly. Keywords: fine motor skills, writing concepts
PENGARUH MEDIA VIDEO BINATANG TERHADAP MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK A TK PERMATA BUNDA SURABAYA NUFUS AZIZAH, HAYATUN; SETYOWATI, SRI
PAUD Teratai Vol 8, No 3 (2019)
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractThis research is Pre Experimental Design that aims to examine the effect of animal video media for children grossmotor ability in group A TK Permata Bunda Surabaya. The sample in this research in group A TK Permata BundaSurabaya wich amounts 18 children. Techniques data is collected using documentation and observation. Technique ofdata analyzed using wilcoxon match pairs test with formula Tcount < Ttable, and 5% signification rate. If Tcount smallerthan Ttable , so the H0 is rejected and Ha accepted. The data analysis result shows Tcount = 0, meanwhile Ttable to thesubject of 18 children with the standard of significant 5% = 40. From the result obtained can be concluded Tcount < Ttable(0<40) so the alternative hypothesis (Ha) accepted and the null hypothesis (H0) rejected. In conclusion, animal videomedia affecting children?s gross motor ability in group A TK Permata Bunda Surabaya.Keywords: animal media video, gross motor.AbstrakPenelitian Pre-Experimental Design ini bertujuan untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh media video binatangterhadap motorik kasar anak kelompok A TK Permata Bunda Surabaya. Sampel dalam penelitian ini adalah anakkelompok A TK Permata Bunda Surabaya yang berjumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data menggunakandokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan Wilcoxon Match Pairs Test dengan rumus Thitung < Ttabel,dan menggunakan taraf signifikan 5%. Jika Thitung lebih kecil dari pada Ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima.Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh, Thitung = 0, sedangkan Ttabel dengan subjek 18 anak dengan taraf signifikan5% = 40. Dari angka yang diperoleh berarti Thitung < Ttabel (0 < 40) sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima danhipotesis nol (H0) ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media video binatang berpengaruh terhadapmotorik kasar pada anak kelompok A TK Permata Bunda Surabaya.Kata kunci: media video binatang, motorik kasar.
MODUL PEMBELAJARAN DALAM KEMAMPUAN PERILAKU KESELAMATAN ANAK KELOMPOK B AGUSTIN, SOFIYANA; REZA, MUHAMMAD
PAUD Teratai Vol 8, No 3 (2019)
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Perilaku keselamatan merupakan aspek perkembangan yang penting untuk mengantisipasi kekerasan pada anak. Kemampuan perilaku keselamatan untuk melindungi diri dari kekerasan harus dikembangkan agar anak dapat memahami bagaimana cara untuk menyikapi ketika anak mengalami kekerasan. Perilaku keselamatan dapat dikembangkan melalui pembelajaran yang terstruktur. Modul pembelajaran merupakan bahan ajar untuk guru dalam pemberian pendidikan seksual khususnya perilaku keselamatan pada anak kelopok B. Pembelajaran ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya kekerasan pada anak usia dini. Kekerasan pada anak akan berkibat buruk pada kesehatan dan berpengaruh pada proses perkembangan anak baik fisik maupun psikologisnya. Materi pembelajaran perilaku keselamatan pada modul ini menggunakan konsep tiga ?R? pendidikan seksual milik Sandy K Whurtele, yaitu Recognize (mengenali), Resist (menolak), dan Report (melaporkan). Konsep tiga ?R? dikolaborasikan dengan konsep pendidikan seksual pada anak usia dini menurut pandangan Islam, yaitu menutup aurat dan mengetahui siapa mahrom bagi anak. Pembelajaran pada modul meliputi mengetahui bagian-bagian tubuh yang boleh disentuh maupun bagian tubuh yang tidak boleh disetuh oleh orang lain, menutup aurat dan mengetahui siapa saja yang boleh memeluk serta mencium pipi anak, mengetahui perilaku abuse, situasi abuse, dan bagaimana cara menolak serta melaporkannya. Materi tersebut dapat mengembangkan aspek perkembangan anak, yaitu nilai moral dan agama, kognitif, fisik motorik, bahasa, sosial emosional, dan seni. Pembelajaran di dalam modul tersebut sangatlah berguna bagi anak mengingat bahwa saat ini banyak terjadi kekerasan di masyarakat yang melibatkan anak usia dini sebagai sasarannya. Untuk itu perlu ditanamkan pada anak bagaimana cara mengenali dan mengantisipasi kekerasan yang bisa saja suatu saat akan terjadi pada diri anak. Kata kunci : modul perilaku keselamatan, kekerasan pada anak Abstract Safety behavior is an important development aspect to anticipate violence against children. The ability of safety behaviors to protect themselves from violence must be developed so that children can understand how to respond when children experience violence. Safety behavior can be developed through structured learning.The learning module is a teaching material for teachers in the provision of sexual education especially safety behavior in group B. Safe behavior is an important aspect of development for children. This learning aims to anticipate the occurrence of abuse in early childhood. This abuse will have a bad impact on childrens health and affect the childs physical and psychological developmental processes. The safety behavior learning material in this module uses the concept of three Sandy R Whurteles "R" sexual education, which is recognizing, resisting, and reporting. The concept of three "R" is collaborated with the concept of sexual education in early childhood according to the Islamic view, namely closing genitalia and knowing who mahrom for children. Learning in the module includes knowing parts of the body that may be touched or parts of the body that cannot be touched by others, covering up the genitals and knowing who can hug and kiss the cheek of a child, know the behavior of abuse, abuse situations, and how to reject and report it, The material can develop aspects of child development, namely cognitive, motor, language, social emotional, and art. Learning in the module is very useful for children given that there is currently a lot of abuse in the community involving early childhood as the target of abuse. For this reason it is necessary to instill in children how to recognize and anticipate abuse that could one day happen to the child. Keywords: safety behavior module, abuse.
PENGARUH PERMAINAN TWISTER MODIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS ANAK KELOMPOK B DI TK MUSLIMAT 192 TARBIYATUL ATHFAL MOROWUDI CERME GRESIK WAHYU SARI, UCI; REZA, MUHAMMAD
PAUD Teratai Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK peneltian ini bertujuan untuk Mengetahui bagaimana pengaruh permainan twister modifikasi bagi kemampuan kosakata bahasa inggris anak. PAUD memuat program-program pengembangan yang mencakup: (a) nilai agama dan moral, (b) fisik-motorik, (c) kognitif, (d) bahasa, (e) sosial-emosional, (f) seni. Melalui penggunaan alat permainan edukatif atau APE yaitu berupa permainan twister. Diharapkan dalam penggunaan alat ini mampu merangsang kemampuan kosakata bahasa inggris anak. Mengunakan metode penelitian Quasi - Experimental dengan bentuk Nonequivalent control Group Design dengan hasil analisis mann whitney yang memberi hasil adanya pengaruh pada kosakata bahasa Inggris anak dengan menggunakan alat permainan twister. Kata kunci : twister,kosa kata
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SENTRA MULTIMEDIA PADA KELOMPOK B DI TK RAUDLATUL JANNAH WARU SIDOARJO ZUARIDA, DWI; HASIBUAN, RACHMA
PAUD Teratai Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk memotret dan mendeskripsikan bagaimana penerapan model pembelajaran sentra multimedia pada kelompok B di TK Raudlatul Jannah Waru Sidoarjo, dari mulai perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, serta cara guru dalam menstimulus aspek perkembangan anak di sentra multimedia. Subjek dalam penelitian ini adalah guru sentra multimedia dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model Miles dan Huberman yang dimulai dari reduksi data, penyajian data, hingga pada verifikasi data/kesimpulan dengan data yang berbentuk deskripstif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, penerapan model pembelajaran sentra multimedia pada kelompok B di TK Raudlatul Jannah Waru Sidoarjo, memiliki tahapan perencanaan dan pelaksanaannya yang sama seperti tahapan sentra pada umumnya, hanya saja yang menjadi perbedaan adalah kegiatan atau ragam main beserta media bermainnya harus tentang teknologi dan komputer. Pembelajaran sentra bukan hanya mengenalkan nama-nama teknologi, melainkan mengajak anak-anak untuk mempraktekkan penggunaannya sesuai aturan yang telah disampaikan. Penyesuaian kegiatan sentra multimedia dengan tema pembelajaran menjadi tantangan bagi guru sentra untuk lebih kreatif dalam merancang densitas dan medianya. Penerapan model pembelajaran sentra multimedia terbukti dapat mengembangkan enam aspek perkembangan anak melalui kegiatan atau densitas main serta media dan alat atau bahan pembelajaran yang telah direncanakan oleh guru sentra. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran sentra multimedia di TK Raudlatul Jannah dapat menjadi solusi bagi Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini dalam mengembangkan ilmu pengetahuan teknologi dan komputer untuk anak usia dini. Kata kunci : sentra multimedia, TK Raudlatul Jannah Abstract Qualitative research with descriptive qualitative type aims to photograph and describe how the implementation of multimedia center learning models in group B at Raudlatul Jannah Waru Kindergarten Sidoarjo, from planning, implementing, and evaluating, as well as the teacher?s way of stimulating aspects of child development in multimedia centers. The subjects of this study are 1 multimedia center teacher and the principal. The data collection techniques of this study are observation, interviews, and documentation. The data analysis technique used is the Miles and Huberman model that starts from data reduction, data presentation, verification / conclusion and descriptive data. The presentation of data is described in the form of conclusions. Based on the results of research and discussion, the implementation of multimedia center learning models in group B at Raudlatul Jannah Kindergarten Waru Sidoarjo, has the same planning and implementation stages as the center stage in general, the only difference is the activities or the variety of playing and the playing media must be about technology and computer. Learning centers do not only introduce the names of technology, but also invite children to practice their use in accordance with the rules that have been explained. Aligning multimedia center activities with learning themes is a challenge for center teachers to be more creative in designing their density and media. The implementation of multimedia center learning models is proven to be able to develop six aspects of child development through activities or density of playing as well as media and learning tools or materials that have been planned by the center teacher. It was concluded that the implementation of multimedia center learning models in Raudlatul Jannah Kindergarten can became a solution for Early Childhood Education Institutions in developing technological and computer science for early childhood. Keywords: multimedia center, Raudlatul Jannah Kindergarten
PENGARUH MEDIA PAPAN FLANEL ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN PADA ANAK USIA 5 - 6 TAHUN DI TK KEMALA BHAYANGKARI 76 BABAT - LAMONGAN TRI ADHININGSIH, MEILINDA; , MASUDAH
PAUD Teratai Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media papan flanel angka terhadap kemampuan berhitung permulaan pada anak usia 5-6 tahun di TK Kemala Bhayangkari 76 Babat ? Lamongan.Penelitian ini menggunakan pendekatandeskriptif kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimental Design.Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok B dengan jumlah 16 anak di TK Kemala Bhayangkari 76 Babat ? Lamongan.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul diuji dengan menggunakan Uji U yaitu Mann-Whithney U Test. Hasil analisismenunjukkan bahwa Thitung = 0 lebih kecil dari Ttabel dengan taraf signifikan 5% dengan N = 16 diperoleh Ttabel sebesar 13 (Thitung<Ttabel = 0<13) sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media papan flanel angka pengaruh dalam kemampuan berhitung permulaan pada anak usia 5-6 tahun di TK Kemala Bhayangkari 76 Babat ? Lamongan. Kata Kunci: berhitung permulaan, media papan flanel angka, anak kelompok B Abstract: This study is aimed to investigate the influence of the numeric board flanel media on the ability to count in the beginning in children aged 5-6 years at Kinergarten Kemala Bhayangkari 76 Babat - Lamongan.This research applied quantitative descriptive approach with Quasi Experimental Design. The sample in this study was 16 children of group B of kindergarten Kemala Bhayangkari 76 Babat - Lamongan. Data collection techniques applied observation and arrangement techniques. The data was analyzed by Mann-Whithney U Test. The researcher used the U test because the hypothesis set by the researcher used a comparative two independent samples with ordinal form data.The result shows that T value = 0 in which less than Ttable on significant level of 5% = 13 (T value<Ttable or 0 <13). Thus it can be concluded that there is positive and significant influence of thenumeric board flanel media usage in the initial numeracy ability in children aged 5-6 years in TK Kemala Bhayangkari 76 Babat - Lamongan. Keywords: beginning of numeracy, numeric board flanel media, kindegarten
PENGARUH MEDIA PAPAN FLANEL ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN PADA ANAK USIA 5 - 6 TAHUN DI TK KEMALA BHAYANGKARI 76 BABAT - LAMONGAN TRI ADHININGSIH, MEILINDA; , MASUDAH
PAUD Teratai Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media papan flanel angka terhadap kemampuan berhitung permulaan pada anak usia 5-6 tahun di TK Kemala Bhayangkari 76 Babat ? Lamongan.Penelitian ini menggunakan pendekatandeskriptif kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimental Design.Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok B dengan jumlah 16 anak di TK Kemala Bhayangkari 76 Babat ? Lamongan.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul diuji dengan menggunakan Uji U yaitu Mann-Whithney U Test. Hasil analisismenunjukkan bahwa Thitung = 0 lebih kecil dari Ttabel dengan taraf signifikan 5% dengan N = 16 diperoleh Ttabel sebesar 13 (Thitung<Ttabel = 0<13) sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media papan flanel angka pengaruh dalam kemampuan berhitung permulaan pada anak usia 5-6 tahun di TK Kemala Bhayangkari 76 Babat ? Lamongan. Kata Kunci: berhitung permulaan, media papan flanel angka, anak kelompok B Abstract: This study is aimed to investigate the influence of the numeric board flanel media on the ability to count in the beginning in children aged 5-6 years at Kinergarten Kemala Bhayangkari 76 Babat - Lamongan.This research applied quantitative descriptive approach with Quasi Experimental Design. The sample in this study was 16 children of group B of kindergarten Kemala Bhayangkari 76 Babat - Lamongan. Data collection techniques applied observation and arrangement techniques. The data was analyzed by Mann-Whithney U Test. The researcher used the U test because the hypothesis set by the researcher used a comparative two independent samples with ordinal form data.The result shows that T value = 0 in which less than Ttable on significant level of 5% = 13 (T value<Ttable or 0 <13). Thus it can be concluded that there is positive and significant influence of thenumeric board flanel media usage in the initial numeracy ability in children aged 5-6 years in TK Kemala Bhayangkari 76 Babat - Lamongan. Keywords: beginning of numeracy, numeric board flanel media, kindegarten
PENGARUH MEDIA PAPAN FLANEL ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN PADA ANAK USIA 5 - 6 TAHUN DI TK KEMALA BHAYANGKARI 76 BABAT - LAMONGAN TRI ADHININGSIH, MEILINDA; , MASUDAH
PAUD Teratai Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media papan flanel angka terhadap kemampuan berhitung permulaan pada anak usia 5-6 tahun di TK Kemala Bhayangkari 76 Babat ? Lamongan.Penelitian ini menggunakan pendekatandeskriptif kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimental Design.Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok B dengan jumlah 16 anak di TK Kemala Bhayangkari 76 Babat ? Lamongan.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul diuji dengan menggunakan Uji U yaitu Mann-Whithney U Test. Hasil analisismenunjukkan bahwa Thitung = 0 lebih kecil dari Ttabel dengan taraf signifikan 5% dengan N = 16 diperoleh Ttabel sebesar 13 (Thitung<Ttabel = 0<13) sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media papan flanel angka pengaruh dalam kemampuan berhitung permulaan pada anak usia 5-6 tahun di TK Kemala Bhayangkari 76 Babat ? Lamongan. Kata Kunci: berhitung permulaan, media papan flanel angka, anak kelompok B Abstract: This study is aimed to investigate the influence of the numeric board flanel media on the ability to count in the beginning in children aged 5-6 years at Kinergarten Kemala Bhayangkari 76 Babat - Lamongan.This research applied quantitative descriptive approach with Quasi Experimental Design. The sample in this study was 16 children of group B of kindergarten Kemala Bhayangkari 76 Babat - Lamongan. Data collection techniques applied observation and arrangement techniques. The data was analyzed by Mann-Whithney U Test. The researcher used the U test because the hypothesis set by the researcher used a comparative two independent samples with ordinal form data.The result shows that T value = 0 in which less than Ttable on significant level of 5% = 13 (T value<Ttable or 0 <13). Thus it can be concluded that there is positive and significant influence of thenumeric board flanel media usage in the initial numeracy ability in children aged 5-6 years in TK Kemala Bhayangkari 76 Babat - Lamongan. Keywords: beginning of numeracy, numeric board flanel media, kindegarten
PENGARUH MEDIA PAPAN FLANEL ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN PADA ANAK USIA 5 - 6 TAHUN DI TK KEMALA BHAYANGKARI 76 BABAT - LAMONGAN TRI ADHININGSIH, MEILINDA; , MASUDAH
PAUD Teratai Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media papan flanel angka terhadap kemampuan berhitung permulaan pada anak usia 5-6 tahun di TK Kemala Bhayangkari 76 Babat ? Lamongan.Penelitian ini menggunakan pendekatandeskriptif kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimental Design.Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok B dengan jumlah 16 anak di TK Kemala Bhayangkari 76 Babat ? Lamongan.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul diuji dengan menggunakan Uji U yaitu Mann-Whithney U Test. Hasil analisismenunjukkan bahwa Thitung = 0 lebih kecil dari Ttabel dengan taraf signifikan 5% dengan N = 16 diperoleh Ttabel sebesar 13 (Thitung<Ttabel = 0<13) sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media papan flanel angka pengaruh dalam kemampuan berhitung permulaan pada anak usia 5-6 tahun di TK Kemala Bhayangkari 76 Babat ? Lamongan. Kata Kunci: berhitung permulaan, media papan flanel angka, anak kelompok B Abstract: This study is aimed to investigate the influence of the numeric board flanel media on the ability to count in the beginning in children aged 5-6 years at Kinergarten Kemala Bhayangkari 76 Babat - Lamongan.This research applied quantitative descriptive approach with Quasi Experimental Design. The sample in this study was 16 children of group B of kindergarten Kemala Bhayangkari 76 Babat - Lamongan. Data collection techniques applied observation and arrangement techniques. The data was analyzed by Mann-Whithney U Test. The researcher used the U test because the hypothesis set by the researcher used a comparative two independent samples with ordinal form data.The result shows that T value = 0 in which less than Ttable on significant level of 5% = 13 (T value<Ttable or 0 <13). Thus it can be concluded that there is positive and significant influence of thenumeric board flanel media usage in the initial numeracy ability in children aged 5-6 years in TK Kemala Bhayangkari 76 Babat - Lamongan. Keywords: beginning of numeracy, numeric board flanel media, kindegarten

Page 1 of 42 | Total Record : 411