PAUD Teratai
Vol 7, No 1 (2018): Vol 7 no 1 Edisi Yudisium Mar 2018

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA ANAK MELALUI KARTU BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B DI RA MAHIR AR RIYADL SURABAYA

ERMAWATI, NANIK (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2017

Abstract

Abstrak   Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang  peningkatan kemampuan bercerita  anak melalui kartu bergambar pada anak kelompok. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelmpok B di RA Mahir Ar Riyadl Surabaya yang berjumlah 20 anak. Tehnik pengumpulan data menggunakan  observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data penelitian menggunakan statistik deskriptif yaitu analisis refleksi pada siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I memperoleh 68,75% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 87,5%, aktivitas anak pada siklus I meningkat dari 62,5% menjadi 81,25% pada siklus II. Rata-rata kemampuan bercerita anak pada siklus I  sebesar 54,68% meningkat menjadi 78,09%. Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa  kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan bercerita anak pada kelompok B di RA Mahir Ar Riyadl Surabaya.       Kata Kunci : Bercerita, Kartu Bergambar   Abstract Action Research This class aims to obtain a description of the ability to increase the ability to tell a child through a picture card in a child group B RA Mahir Ar Riyadl Surabaya. Subjects in this study were B kelmpok children in RA Mahir Ar Riyadl Surabaya, amounting to 20 children. Data collection techniques use observation and documentation. Techniques of data analysis using descriptive statistics that is the reflection analysis on the cycle. The results of this study indicate that teacher activity in cycle I obtained 68.75% and in the second cycle increased to 87.5%, the activity of children in the first cycle increased from 62.5% to 81.25% in cycle II. The average ability of story telling children in the first cycle of 54.68% increased to 78.09%. Based on the above description it can be concluded that the picture card can improve the ability of telling children in group B in RA Mahir Ar Riyadl Surabaya. Keywords: Storytelling, Picture Cards

Copyrights © 2018