PAUD Teratai
Vol 8, No 1 (2019)

PENGARUH BERMAIN PASIR WARNA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS HURUF KELOMPOK A DI TK KECAMATAN WIYUNG SURABAYA

NIKMATUS SHOLIKHAH, YULIA (Unknown)
KHOTIMAH, NURUL (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2019

Abstract

Menulis dengan bermain pasir warna merupakan kegiatan yang menarik untuk anak, dengan bermain anak akan secara tidak sadar juga melakukan kegiatan belajar. Ketika bermain pasir warna kegiatan yang dilakukan juga disertai alat pendukung seperti, cetakan huruf dan kartu huruf. Anak menulis di atas pasir warna secara langsung menggunakan jari ? jarinya, karena anak suka bereksplorasi dengan pasir. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh bermain pasir warna terhadap kemampuan menulis kelompok A di TK Kecamatan Wiyung Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen, desain penelitian quasi experimental design dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian yaitu TK di Kecamatan Wiyung Surabaya. Sampel penelitian anak kelompok A berjumlah 36 anak yang masing ? masing kelompok eksperimen dan kontrol berjumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Mann Whitney U test. Berdasarkan analisis data menggunakan Uji Mann Whitney U-test dengan program SPSS 23.0 didapatkan hasil hitung Z sebesar -4,457 dan signifikansi sebesar 0,000<0,05 hal tersebut menunjukkan ada perbedaan yang signifikan kemampuan menulis huruf kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil hitungan tersebut menunjukkan bahwa Ho ditolak. Hal tersebut menjadi dasar keputusan bahwa bermain pasir warna berpengaruh terhadap kemampuan menulis huruf kelompok A di TK Kecamatan Wiyung Surabaya. Kata Kunci : bermain pasir warna , kemampuan menulis huruf.

Copyrights © 2019