PAUD Teratai
Vol 8, No 2 (2019)

PENGEMBANGAN MEDIA DAKON GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI ANAK USIA 4-5 TAHUN

ASMAUL CHUSNA, LAILATUL (Unknown)
AGUSTIN NINGRUM, MALLEVI (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2019

Abstract

Abstrak Pengenalan bentuk geometri merupakan salah satu sub yang termasuk dalam pembelajaran matematika. Maka perlunya pengenalan bentuk geometri untuk diajaran kepada anak usia dini, karena menjadi salah satu bekal dalam pembelajaran matematika untuk pendidikan selanjutnya. Pengembangan media dakon geometri merupakan salah satu media yang mampu membantu mengenal bentuk geometri (lingkaran, segitiga, dan segi empat) anak usia 4-5 tahun. Metode penelitian menggunakan Research and Development Borg & Gall. Desain penelitian menggunakan quasi experimental desaign jenis nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan di TK Bina Tunas Bangsa sebagai uji kelayakan dengan jumlah 2 anak, 5 anak, dan TK Hidayatullah sebagai uji kelayakan dan keefektifan media dengan jumlah 10 anak. Hasil uji validasi ahli materi dan ahli media memperoleh nilai 100%. Hasil uji coba produk memperoleh 75 % dan 76,87% dengan saran dari guru berupa cara penggunaan yang awalnya lubang kecil berisi biji bentuk geometri beda-beda dengan saran menjadi lubang kecil berisi biji bentuk geometri dikelompokkan sesuai dengan warna dan bentuk dan pemberian tanda panah serta start di media. Hasil uji coba kelompok besar menyatakan bahwa media dakon geometri sudah layak digunakan dan tidak mendapat saran. Hasil uji keefektifan yang dilakukan di TK Hidayatullah pada kelas kontrol dan eksperimen yaitu memperoleh hasil nilai rata-rata kenaikan selisih posttest - pretest pada data kelompok eksperimen sebesar 4,6 sedangkan pada data kelompok kontrol sebesar 3,4 sehingga dapat disimpulkan bahwa media dakon geometri layak dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran pengenalan bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun. Kata Kunci: pengenalan bentuk geometri, media dakon geometri

Copyrights © 2019