Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 3, No 2 (2015): JPGSD Vol 3, No 2 (2015)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF  TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA EKOSISTEM KELAS V SDN JERUK 1 SURABAYA

SALMAN AL FARISI, MUHAMMAD (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2016

Abstract

Abstrak Latar belakang penelitian ini adalah guru kurang bisa menggunakan model pembelajaran yang sesuai materi dan karakteristik siswa yang mengakibatkan siswa kurang antusias belajar sehingga hasil belajar siswa belum maksimal. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkn aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada tema ekosistem subtema komponen eksosistem pembelajaran ke-1 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams games tournament. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data hasil belajar yang mencakup tiga ranah, yaitu ranah kognitif pada siklus I sebesar 70,38%, dan meningkat pada siklus II sebesar 92,52%. ranah afektif sebesar 54.25% pada siklus I, dan meningkat menjadi 100% pada siklus II. Ranah psikomotorik pada siklus I sebesar 40.74%, dan meningkat menjadi 100% pada siklus II. Pada kegiatan aktivitas guru mengalami peningkatan dengan rata-rata siklus I sebesar 70,83%, dan pada siklus II meningkat sebesar 91,67%. Pada kegiatan aktivitas guru mengalami peningkatan dengan rata-rata siklus I sebesar 72,50%, dan meningkat pada siklus II sebesar 90%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siwa pada tema ekosistem subtema komponen ekosistem pembelajaran ke-1 di kelas VB SDN jeruk 1 surabaya. Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe TGT, tema ekosistem.   Abstract The background of this research was that teacher was unable to apply learning model that is appropriate to the material and student’s characteristic that cause students not enthusiast to learn so student learning result were still low. The aim of this research was to found out students’ activity, teacher’s activity, and students’ learning result on ecosystem theme subtheme ecosystem component first lesson by applying cooperative learning model type teams games tournament (TGT). This research used classroom action research by applying descriptive quantitative technique. Research data was obtained from observation and test. Based on the research result, student learning outcomes include three domains, namely the cognitive domains on the first cycle of 70.83%, and the second cycle increased become 92.52%. the affective domains of 54.25% on the first cycle, and it increased become 100% on the second cycle. The psychomotor domains on the first cycles of 40.74%, and it increased become 100% in the second cycles. On teacher’s activity experienced improvement with average on the first cycle of 70.83%, and the second cycle increased become 91.67%. On teacher’s activity experienced improvement with average on the first cycle of 72.50%, and the second cycle increased become 90%. From those data it can be concluded that cooperative learning model type teams games tournament (TGT) can increase students’ learning result, teacher activity, and students’ activity on ecosystem theme subtheme ecosystem component lesson one in class VB on SDN Jeruk 1 Surabaya. Keywords: learning result, cooperative learning model type teams games tournament (TGT), ecosystem theme. 

Copyrights © 2015