Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 5, No 3 (2017): JPGSD Vol 5, No 3 (2017)

PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG DAUR AIR SISWA DI SEKOLAH DASAR

ANGGRAENI, RENI (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2017

Abstract

Penelitian dilatar belakangi masalah siswa yang kurang memahami materi sehingga hasil belajar yang diperoleh kurang maksimal. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. PTK dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Hasil penelitian berupa observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 70,94% dan pada siklus II sebesar 83,33%. Hasil penelitian observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 65,00% dan pada siklus II sebesar 82,50%. Dan hasil penelitian hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 71,05% dan pada siklus II sebesar 81,57%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media diorama dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang daur air siswa kelas V SDN Gempolsari Tanggulangin.  Kata Kunci: diorama, hasil belajar, daur air

Copyrights © 2017