Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran role playing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan lokasi penelitian di SDN Sepulu 4 Bangkalan, subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, dengan beberapa tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa tes tulis dan non tes berupa observasi. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan siklus 1 ke siklus 2. Aktivitas guru siklus 1 memperoleh persentase 73,3%, pada siklus 2 menjadi 83,3%. Aktivitas siswa siklus 1 memperoleh persentase 76,25%, pada siklus 2 menjadi 82,5%. Hasil belajar kognitif siklus 1 memperoleh persentase 60%, pada siklus 2 menjadi 75%. Hasil belajar afektif siklus 1 memperoleh persentase 70%, pada siklus 2 menjadi 80%. Hasil belajar psikomotor siklus 1 memperoleh persentase 70%, pada siklus 2 menjadi 85%. Kata Kunci: Role Playing, hasil belajar.
Copyrights © 2017