Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 6, No 2 (2018)

PENGARUH METODE BRAINSTORMING TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA MUATAN MATERI IPS TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA SDN GEMPOL 3 PASURUAN

, MAULIDYANA (Unknown)
ZUHDI, ULHAQ (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2018

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode brainstorming terhadap keterampilan pemecahan masalah pada muatan materi IPS tema 8 lingkungan sahabat kita SDN Gempol 3 Pasuruan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Quasi Experimental Design dalam bentuk Non-equivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan tiga langkah utama yakni: pretest, treatment, dan posttest. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes, analisis data menggunakan uji t-test. Hasil penelitian yang didapatkan adalah -thitung -3.900 < -ttabel -2.002 dengan signifikansi 0.000 < 0.05. Hasil tersebut menunjukkaan adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode brainstorming terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa. Kata Kunci: keterampilan pemecahan masalah, metode brainstorming Abstract The purpose of this study is to find out the influence of brainstorming method to problem solving skill on sosial material theme 8 nature is our Friend SDN Gempol 3 Pasuruan. This study is a quantitative study with Quasi Experimental Design in the form of Non-Equivalent Control Group Design. This study use three main ways: pre-test, treatment, and post-test. Samples are taken with random sampling technique. The data collection uses test, while the data analysis uses t-test experiment. The result of this study is ?tcount -3.900 < -ttable -2.002 with significance 0.000<0.05. That result shows that there is significance influence of the use of brainstorming method to students? problem solving skill. Keywords: problem solving skill, brainstorming method

Copyrights © 2018