Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode brainstorming terhadap keterampilan pemecahan masalah pada muatan materi IPS tema 8 lingkungan sahabat kita SDN Gempol 3 Pasuruan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Quasi Experimental Design dalam bentuk Non-equivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan tiga langkah utama yakni: pretest, treatment, dan posttest. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes, analisis data menggunakan uji t-test. Hasil penelitian yang didapatkan adalah -thitung -3.900 < -ttabel -2.002 dengan signifikansi 0.000 < 0.05. Hasil tersebut menunjukkaan adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode brainstorming terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa. Kata Kunci: keterampilan pemecahan masalah, metode brainstorming Abstract The purpose of this study is to find out the influence of brainstorming method to problem solving skill on sosial material theme 8 nature is our Friend SDN Gempol 3 Pasuruan. This study is a quantitative study with Quasi Experimental Design in the form of Non-Equivalent Control Group Design. This study use three main ways: pre-test, treatment, and post-test. Samples are taken with random sampling technique. The data collection uses test, while the data analysis uses t-test experiment. The result of this study is ?tcount -3.900 < -ttable -2.002 with significance 0.000<0.05. That result shows that there is significance influence of the use of brainstorming method to students? problem solving skill. Keywords: problem solving skill, brainstorming method
Copyrights © 2018