Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 6, No 11 (2018)

PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SUGGESTOPEDIA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN GURAH KEDIRI

ANJAR MEYLANTIF, RIZKI (Unknown)
SUSETYO RUKMI, ASRI (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran Suggestopedia terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas IV sekolah dasar negeri di Kecamatan Gurah Kediri. Jenis penelitian menggunakan quasy experiment dengan rancangan non equivalent control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas IVA SDN Sumbercangkring sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IVA SDN Gurah I sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian dibuktikan dengan uji hipotesis pretest sebesar thitung (1,089) < ttabel (2,006647) yang menyatakan tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sementara itu, hasil uji hipotesis posttest sebesar thitung (4,733) > ttabel (2,006647) yang menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan. Uji hipotesis pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah sebesar thitung (5,241) > ttabel (2,006647) yang menunjukkan bahwa Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode pembelajaran Suggestopedia terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas IV sekolah dasar negeri di Kecamatan Gurah Kediri. Kata Kunci: metode pembelajaran suggestopedia, keterampilan menulis narasi

Copyrights © 2018