Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 6, No 11 (2018)

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN STRATEGI CATALISTING DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NONFIKSI DI KELAS IV SDN KEBRAON I/436 SURABAYA

PINKAN PRAMAISELLA, REYGIVA (Unknown)
SUSETYO RUKMI, ASRI (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2018

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan strategi catalisting dalam pembelajaran keterampilan menulis teks nonfiksi di kelas IV sdn kebraon I/436 surabaya. Jenis penelitian menggunakan pre-experimental design dengan bentuk rancangan one group pretest-postest design. Adapun sampel yang akan diambil dari penelitian ini yaitu sebagian dari jumlah populasi. Sampel yang dipilih untuk penelitian ini adalah kelas IV A yang berjumlah 27 anak. Hasil penelitian dapat dibuktikan melalui uji hipotesis, maka diperoleh nilai thitung 6 dengan nilai signifikan 0,05. Dari hal tersebut dapat dikatakan thitung (6) > ttabel (2.056), maka dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi catalisting efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks nonfiksi siswa. Kata Kunci: strategi catalisting, keterampilan menulis teks nonfiksi

Copyrights © 2018