Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 7, No 2 (2019)

PENGARUH STRATEGI LEARNING START WITH A QUESTIONS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN DI KECAMATAN KARANGPILANG SURABAYA

IKA PUSPITASARI, SITI (Unknown)
SUSETYO RUKMI, ASRI (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 May 2019

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan strategi Learning Start With A Questions dalam pembelajaran bahasa Indonesia terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN di kecamatan Karangpilang Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasy eksperiment dengan rancangan nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IVA SDN Kebraon I sebagai kelas eksperimen dan SDN Kebraon II sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Hasil dari uji hipotesis terhadap nilai pretest dan posttest siswa kelas eksperimen dan kontrol diperoleh perbandingan tt (5%= 1.998< thitung 4,665). Kata kunci : strategi Learning Start With A Questions, keterampilan membaca pemahaman

Copyrights © 2019