Fokus dalam penelitian ini adalah (1) manajemen kelas ditinjau dari pengelolaan ruang yang meliputi ruangan tempat belajar, pengaturan tempat duduk, pengaturan cahaya dan sirkulasi udara, dan pengaturan barang-barang dan media; (2) manajemen kelas ditinjau dari pengelolaan siswa yang meliputi mengatur perilaku siswa (kedisiplinan) dan pembentukan kelompok; (3) hambatan-hambatan pengelolaan kelas; (4) usaha-usaha yang dilakukan untuk meningkatkan pengelolaan kelas. Adapun lokasi penelitianini adalah SMP YIMI Full Day Schoo lGresik.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus/ teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) wawancara; (2) observasi; dan (3) dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan: (1) reduksi data; (2) penyajian data; (3) verifikasi data atau simpulan. Untuk mengecek keabsahan data yaitu menggunakan: (1) kredibilitas; (2) transferabilitas: (3) dependabilitas: (4) konfirmabilitas.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ruangan kelas dibuat nyaman dengan mempertimbangkan lokasi, luar ruangan, jumlah siswa, hiasan kelas, namun terlihat kedaan kelas yang kurang bersih; (2) kelas IX menggunakan meja dan tempat duduk model panjang dan formasi tempat duduk yang sering digunakan adalah meja pertemuan; (3) pengaturan cahaya menggunakan lampu dan pengaturan udara menggunakan AC: (4) sebagian besar standar sarana telah terpenuhi namun terdapat penataan yang masih kurang sesuai, sedangkan media pembelajaran tidak disimpan di dalam kelas; (5) guru mendisiplinkan siswa dengan cara memberikan perhatian kepada siswa dan dengan small group learning secara tidak langsung serta membuat peraturan bersama siswa; (6) pembentukan kelompok dilakukan secara heterogen dan terdapat perpindahan beberapa siswa ke kelas lain; (7) hambatan yang terjadi meliputi faktor guru, faktor siswa, faktor fasilitas atau sarana dan prasarana, serta faktor organisasional; (8) usaha yang dilakukan untuk meningkatkan pengelolaas kelas yaitu meningkatkan kualitas guru, menjaga komunikasi dengan siswa, dan meningkatkan sarana dan kebersihan kelas.Kata Kunci: manajemen kelas, pengelolaan, ruang, siswa
Copyrights © 2016