cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Inspirasi Manajemen Pendidikan
  • inspirasi-manajemen-pendidikan
  • Website
ISSN : -     EISSN : 22528253     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 381 Documents
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM ADIWIYATA DI SMA NEGERI 1 MEJAYAN, MADIUN FEBRIANTORO, YUDO; TRIHANTOYO, SYUNU
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 7, No 3 (2019)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter melalui program adiwiayata di SMA Negeri 1 Mejayan. Terdapat tiga fokus penelitian yaitu nilai-nilai karakter, faktor pendukung dan penghambat, dan strategi sekolah dalam pelaksanaan program adiwiyata. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data didapat dari studi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya nilai disiplin, puduli lingkungan, gotong-royong, kreatif, dan rasa cinta tanah air. Faktor pendukung ialah adanya kerjasama yang baik di internal sekolah, tekad yang kuat, kesadaran peserta didik akan kebermanfaaatan setiap program sekolah. Faktor penghambat antara lain yaitu sebagian guru tidak terbiasa dengan adannya pengintegrasian PLH di setiap mata pelajaran, belum adanya respon positif dari dukungan luar pada awalnya, hambatan psikologis karena tidak hanya berlangsung satu atau dua tahun tetapi berkelanjutan, masa transisi kepemimpinan kepala sekolah sehingga tim sekolah harus meyakinkan kepala sekolah yang baru bahwa program adiwiyata memang bermanfaat pada pengembangan pendidikan karakter sekolah. Strategi sekolah yaitu adanya IHT (In House Training), sosialisasi kepada wali murid, tata tertib di setiap kelas, kerjasama atau gotong royong, adanya kalender sekolah, dukungan dari lembaga atau instansi lain untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana. Kata kunci: implementasi, pendidikan karakter, program adiwiyata.
PENGEMBANGAN MODEL VIRTUAL PEER SUPERVISION BERBASIS WEBSITE PUSPANINGATI, HANDINI; HARIYATI, NUNUK
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 7, No 3 (2019)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah; (1) mengetahui dan mendeskripsikan tentang model virtual peer supervision bagi guru dalam meninggkatkan professional guru untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas; (2) mengembangkan desain model virtual peer supervision bagi guru di sekolah yang tepat; (3) menghasilkan model virtual peer supervision bagi pengawas sekolah yang praktis. Supervisi pendidikan adalah bantuan profesional kesejawatan yang dilakukan melalui dialog kajian masalah pendidikan untuk menemukan solusi dalam meningkatkan kemampuan profesional kepala sekolah, guru dan staf sekolah lainnya guna memaksimalkan kinerja sekolah menuju tercapainya mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan waterfall dari proses pengembangan tersebut diperoleh hasil validasi ahli media mendapatkan persentase sebesar 98,8%, hasil validasi ahli materi mendapatkan persentase sebesar 89,2%. Hasil uji coba terbatas mendapatkan persentase sebesar 85%. Hasil uji coba utama mendapatkan persentase sebesar 86,3%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media virtual peer supervision berbasis website layak digunakan.
IMPLEMENTASI PROGRAM MULTIPLE INTELLIGENCES DI SD PLUS MUTIARA ILMU PANDAAN PASURUAN NABIEL MAKARIM, MOCHAMAD; SHOLEH, MUHAMAD
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 7, No 1 (2019)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan dan menganalisis tentang program sekolah dalam upaya meningkatkan minat, bakat, dan potensi kecerdasan multiple intelligences peserta didik di SD plus mutiara ilmu pandaan. Program sekolah dilakukan melalui multiple intelligences reseach yang yang dilakukan saat pendaftaran peserta didik baru yang dilakukan setiap 10 peserta didik baru yang dilakukan oleh 10 staff sekolah terpilih dengan menggunakan alat instrument MIR dari next edu, yang hasilnya akan dikeluarkan oleh pihak next edu, yang merupakan test untuk mengetahui 8 kecerdasan peserta didik dan ditopang dengan 13 ekstrakulikuler yang dapat mengembangkan potensi, minat, dan bakat perserta didik salah satunya ekstrakulikuler tarbiyah yang dimana peserta didik akan memilih ekstrakulikuler sesuai dengan kemauan yang di pilih berdasarkan angket dengan instrument bergambar dan ilustrasi dari para mentor dan dilaksanakan setiap hari kamis dan jumat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil dari penelitian ini yaitu multiple intelligences research (MIR) yang diintregasikan dalam 13 program ektrakulikuler yang mempunyai faktor penting dalam mencari kecerdasan siswa dan mengembangkan potensi, minat, dan bakat peserta didik.
PENGARUH PRESENSI BERBASIS SIDIK JARI TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI SMA NEGERI 18 SURABAYA Agro Susiyanti, Evi; SHOLEH, MUHAMAD
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 7, No 1 (2019)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh presensi berbasis sidik jari terhadap kedisiplinan siswa di SMA Negeri 18 Surabaya. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif bentuk kausal. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X SMA Negeri 18 Surabaya pada angkatan tahun ajaran 2018/2019. Sampel yang digunakan yaitu 164 siswa dari seluruh jumlah populasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus alpha cronbach. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana menggunakan program SPSS 22.0 for Windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: kehadiran berbasis sidik jari (X) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin siswa (Y), yang tercermin pada thitung 57,057 dengan taraf signifikan 0,000. Nilai koefisien absensi kehadiran berbasis sidik jari sebesar 0,976 yang mendekati angka satu, sehingga dapat dilihat bahwa semua kehadiran berbasis sidik jari sangat mempengaruhi tingkat kedisiplinan siswa di SMA Negeri 18 Surabaya. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa kehadiran berbasis sidik jari (X) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin siswa (Y), yang tercermin pada thitung 57,057 dengan taraf signifikan 0,000. Nilai koefisien absensi kehadiran berbasis sidik jari sebesar 0,976 yang mendekati angka satu, sehingga dapat dilihat bahwa semua keadiran berbasis sidik jari sangat mempengaruhi tingkat kedisiplinan siswa di SMA Negeri 18 Surabaya. Kata Kunci: presensi, sidik jari, kedisiplinan siswa
PENGELOLAAN LIBRARY AUTOMATION SYSTEM PROFESSIONAL (LIANSPRO) DI PERPUSTAKAAN SD AL HIKMAH SURABAYA DWI ANTOKO PRABOWO, DIGDO
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 7, No 1 (2019)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peningkatan budaya literasi di sekolah perlu adanya peran penting dari pelayanan di perpustakaan sekolah yang berkualitas. Dengan adanya sistem Library Automation System Professional (LIANSPRO) di perpustakaan SD Al Hikmah Surabaya memberikan dampak serta manfaat pada peningkatan minat baca siswa dan membangun budaya literasi di sekolah. Sistem Lianspro memberikan pelayanan perpustakaan yang prima pada siswa khususnya dari segi waktu yang efisien saat meminjam dan mengembalikan buku. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) Pengelolaan Library Automation System Professional (LIANSPRO) di Perpustakaan SD Al Hikmah Surabaya dengan metode evaluasi sistem Human Organizing Technology (HOT) Fit Model; (2) Kendala yang dihadapi dalam menjalankan perpustakaan berbasis Library Automation System Professional (LIANSPRO) di Perpustakaan SD Al Hikmah Surabaya; dan (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam menjalankan perpustakaan berbasis Library Automation System Professional (LIANSPRO) di Perpustakaan SD Al Hikmah Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependebilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan (1) Teknologi yang baik dan menunjang, struktur dan lingkungan organisasi yang mendukung, dan kemudahan serta kebermanfaatan pada pengguna sistem lianspro yang memberikan dampak efektif dan efeisien dengan pelayanan yang prima di perpustakaan SD Al Hikmah Surabaya. Komponen teknologi, organisasi, dan manusia menunjukkan hasil evaluasi sistem dengan metode HOT Fit Model yang menjelaskan bahwa pelaksanaan sistem lianspro di perpustakaan SD Al Hikmah Surabaya berjalan dengan baik dan memberikan manfaat untuk pengembangan budaya literasi di sekolah; (2) Pada penerapan sistem lianspro di perpustakaan SD Al Hikmah Surabaya terdapat beberapa kendala baik pada proses maupun manajemen yang tidak banyak seperti; (a) Belum adanya koneksi yang lebih luas sehingga belum bisa diakses secara online; (b) Belum bisa terhubung dengan big data pada sistem sekolah; dan (c) Beberapa kendala teknis seperti mati lampu, dan ancaman vrus dari luar karena masih belum memiliki sistem anti viirus yang kuat; dan (3) Upaya yang sudah dilakukan oleh manajemen SD Al Hikmah Surabaya dalam mengatasi kendala pada penerapan sistem lianspro di perpustakaan sudah dijalankan dengan baik, sebagai berikut: (a) Melakukan pengembangan sistem dengan menambah fitur-fitur seperti katalog online dan fitur yang dibutuhkan lainnya; (b) Menggunakan alat UPS untuk mencegah komputer sarver mati secara tiba-tiba saat pemadaman listrik; (c) Menambah anggaran untuk pembangunan perpustakaan dan pengembangan sistem lianspro ke arah digitalisasi perpustakaan; (d) Mengadakan pelatihan dan pembinaaan pada pustakawan dan peserta didik terkait dengan pelayanan sistem lianspro serta penggunaannya; dan (e) Melakukan kerja sama dengan stakeholder terkait perpustakaan dan pengembangan sistem lianspro. Berdasarkan hal tersebut saran yang dapat di buat yaitu pengembangan sistem lianspro ke arah digitalisasi perpustakaan untuk memperluas koneksi secara online sehingga dapat diakses dengan mudah di luar lingkungan perpustakaan SD Al Hikmah Surabaya. Kata Kunci : Pengelolaan, Sistem Lianspro, dan Perpustakaan
PENGARUH KURIKULUM MUATAN LOKAL DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 3 MAGETAN DWI INDRIYANTI, AULIA; SHOLEH, MUHAMAD
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 7, No 3 (2019)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Karakter peserta didik dapat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dari kedua faktor tersebut, salah salah satunya yaitu kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah terhadap karakter peserta didik di SMA Negeri 3 Magetan secara parsial maupun simultan. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini untuk menggambarkan ada atau tidaknya pengaruh variabel independen yaitu kurikulum muatan lokal (X1) dan budaya sekolah (X2) terhadap variabel dependen yaitu karakter peserta didik (Y). Data primer dalam penelitian ini berupa angket yang disebarkan kepada 74 responden yaitu siswa kelas 10 MIPA dan IPS di SMA Negeri 3 Magetan. Peneliti mengolah data menggunakan aplikasi SPSS for windows 23.0 dan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji T dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kurikulum muatan lokal terhadap variabel karakter peserta didik dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel budaya sekolah terhadap variabel karakter peserta didik dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, (3) terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara variabel kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah terhadap variabel karakter peserta didik dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan Y = 2,923 + 0,792 X1 + 0,676 X2, uji T diperoleh nilai signifikansi X1 terhadap Y sebesar 0,000 < 0,05, nilai signifikansi X2 terhadap Y sebesar 0,000 < 0,05 dan uji F diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 > 0,05. Dengan demikian, kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah berpengaruh positif secara parsial dan simultan terhadap karakter peserta didik di SMA Negeri 3 Magetan. Variabel kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah mempunyai nilai pengaruh sebesar 47,9% terhadap variabel karakter peserta didik di SMA Negeri 3 Magetan, dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak ada dalam penelitian ini. Simpulan dari penelitian ini bahwa kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap karakter peserta didik di SMA Negeri 3 Magetan.
PENGARUH KURIKULUM MUATAN LOKAL DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 3 MAGETAN DWI INDRIYANTI, AULIA; SHOLEH, MUHAMAD
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 7, No 3 (2019)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Karakter peserta didik dapat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dari kedua faktor tersebut, salah salah satunya yaitu kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah terhadap karakter peserta didik di SMA Negeri 3 Magetan secara parsial maupun simultan. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini untuk menggambarkan ada atau tidaknya pengaruh variabel independen yaitu kurikulum muatan lokal (X1) dan budaya sekolah (X2) terhadap variabel dependen yaitu karakter peserta didik (Y). Data primer dalam penelitian ini berupa angket yang disebarkan kepada 74 responden yaitu siswa kelas 10 MIPA dan IPS di SMA Negeri 3 Magetan. Peneliti mengolah data menggunakan aplikasi SPSS for windows 23.0 dan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji T dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kurikulum muatan lokal terhadap variabel karakter peserta didik dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel budaya sekolah terhadap variabel karakter peserta didik dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, (3) terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara variabel kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah terhadap variabel karakter peserta didik dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan Y = 2,923 + 0,792 X1 + 0,676 X2, uji T diperoleh nilai signifikansi X1 terhadap Y sebesar 0,000 < 0,05, nilai signifikansi X2 terhadap Y sebesar 0,000 < 0,05 dan uji F diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 > 0,05. Dengan demikian, kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah berpengaruh positif secara parsial dan simultan terhadap karakter peserta didik di SMA Negeri 3 Magetan. Variabel kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah mempunyai nilai pengaruh sebesar 47,9% terhadap variabel karakter peserta didik di SMA Negeri 3 Magetan, dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak ada dalam penelitian ini. Simpulan dari penelitian ini bahwa kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap karakter peserta didik di SMA Negeri 3 Magetan.
PENGARUH KURIKULUM MUATAN LOKAL DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 3 MAGETAN DWI INDRIYANTI, AULIA
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 7, No 3 (2019)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Karakter peserta didik dapat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dari kedua faktor tersebut, salah salah satunya yaitu kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah terhadap karakter peserta didik di SMA Negeri 3 Magetan secara parsial maupun simultan. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini untuk menggambarkan ada atau tidaknya pengaruh variabel independen yaitu kurikulum muatan lokal (X1) dan budaya sekolah (X2) terhadap variabel dependen yaitu karakter peserta didik (Y). Data primer dalam penelitian ini berupa angket yang disebarkan kepada 74 responden yaitu siswa kelas 10 MIPA dan IPS di SMA Negeri 3 Magetan. Peneliti mengolah data menggunakan aplikasi SPSS for windows 23.0 dan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji T dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kurikulum muatan lokal terhadap variabel karakter peserta didik dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel budaya sekolah terhadap variabel karakter peserta didik dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, (3) terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara variabel kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah terhadap variabel karakter peserta didik dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan Y = 2,923 + 0,792 X1 + 0,676 X2, uji T diperoleh nilai signifikansi X1 terhadap Y sebesar 0,000 < 0,05, nilai signifikansi X2 terhadap Y sebesar 0,000 < 0,05 dan uji F diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 > 0,05. Dengan demikian, kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah berpengaruh positif secara parsial dan simultan terhadap karakter peserta didik di SMA Negeri 3 Magetan. Variabel kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah mempunyai nilai pengaruh sebesar 47,9% terhadap variabel karakter peserta didik di SMA Negeri 3 Magetan, dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak ada dalam penelitian ini. Simpulan dari penelitian ini bahwa kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap karakter peserta didik di SMA Negeri 3 Magetan.
MANAJEMEN PESERTA DIDIK SEKOLAH LUAR BIASA DI YAYASAN SLB TUNAS MULYA SURABAYA PARLIS,
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 4, No 2 (2016): Inspirasi Manajemen Pendidikan
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manajemen peserta didik merupakan suatu kegiatan pengaturan dan pengelolaan yang dilakukan secara sadar dan terencana oleh pihak pengelola pendidikan terhadap peserta didik mulai dari masuknya peserta didik hingga dinyatakan lulus dari lembaga dimana ia mendapatkan pendidikan. Manajemen peserta didik luar biasa dilakukan untuk mengatur dan mengelola peserta didik luar biasa sejak ia masuk hingga lulus dari sekolah luar biasa. SLB Tunas Mulya Surabaya merupakan salah satu SLB favorit yang ada di wilayah Surabaya bagian barat. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah peserta didik setiap tahunnya, prestasi akademik dan non akademik yang diraih siswa, akses yang mudah, gedung yang bagus, serta pengelompokan kelas yang berdasarkan ketunaannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun teknik penelitian untuk mengambil data di lapangan yakni dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan perencanaan penerimaan peserta didik baru di SLB Tunas Mulya merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan, karena di dalamnya mencakup berbagai aspek yang dibutuhkan untuk melaksanakan program kerja sekolah. Kemudian mengenai pelaksanaan pengelolaan dan pembinaan peserta didik di SLB Tunas Mulya Surabaya dilakukan dengan menekankan pada aspek individual dari masing-masing anak, pembelajarannya dilakukan dengan adanya berbagai inovasi dan kreatifitas dari guru dalam menyampaikan pembelajaran sedangkan kegiatan pembinaannya dilakukan dengan selalu memberikan pendekatan kepada setiap siswa. Untuk Sistem penilaian dan evaluasi peserta didik yang ada di SLB Tunas Mulya Surabaya menganut standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah namun ada penyederhanaan atau modifikasi dalam kegiatan penilaiannya. Adapun kelulusan dan alumni siswa di SLB Tunas Mulya Surabaya, untuk kelulusannya dapat dilakukan setelah siswa mengikuti seluruh rangkaian ujian yang ada dan setelah siswa lulus maka dapat bergabung dengan ikatan alumni yang sampai saat ini hubungan alumni dan sekolah tetap berjalan dengan baik. Kata kunci:Manajemen peserta didik, sekolah luar biasa
MANAJEMEN KELAS PADA KELOMPOK MATA PELAJARAN UNAS KELAS IX DI SMP YIMI FULL DAY SCHOOL GRESIK NUR ANDRIANI, RULY
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 4, No 2 (2016): Inspirasi Manajemen Pendidikan
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Fokus dalam penelitian ini adalah (1) manajemen kelas ditinjau dari pengelolaan ruang yang meliputi ruangan tempat belajar, pengaturan tempat duduk, pengaturan cahaya dan sirkulasi udara, dan pengaturan barang-barang dan media; (2) manajemen kelas ditinjau dari pengelolaan siswa yang meliputi mengatur perilaku siswa (kedisiplinan) dan pembentukan kelompok; (3) hambatan-hambatan pengelolaan kelas; (4) usaha-usaha yang dilakukan untuk meningkatkan pengelolaan kelas. Adapun lokasi penelitianini adalah SMP YIMI Full Day Schoo lGresik.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus/ teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) wawancara; (2) observasi; dan (3) dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan: (1) reduksi data; (2) penyajian data; (3) verifikasi data atau simpulan. Untuk mengecek keabsahan data yaitu menggunakan: (1) kredibilitas; (2) transferabilitas: (3) dependabilitas: (4) konfirmabilitas.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ruangan kelas dibuat nyaman dengan mempertimbangkan lokasi, luar ruangan, jumlah siswa, hiasan kelas, namun terlihat kedaan kelas yang kurang bersih; (2) kelas IX menggunakan meja dan tempat duduk model panjang dan formasi tempat duduk yang sering digunakan adalah meja pertemuan; (3) pengaturan cahaya menggunakan lampu dan pengaturan udara menggunakan AC: (4) sebagian besar standar sarana telah terpenuhi namun terdapat penataan yang masih kurang sesuai, sedangkan media pembelajaran tidak disimpan di dalam kelas; (5) guru mendisiplinkan siswa dengan cara memberikan perhatian kepada siswa dan dengan small group learning secara tidak langsung serta membuat peraturan bersama siswa; (6) pembentukan kelompok dilakukan secara heterogen dan terdapat perpindahan beberapa siswa ke kelas lain; (7) hambatan yang terjadi meliputi faktor guru, faktor siswa, faktor fasilitas atau sarana dan prasarana, serta faktor organisasional; (8) usaha yang dilakukan untuk meningkatkan pengelolaas kelas yaitu meningkatkan kualitas guru, menjaga komunikasi dengan siswa, dan meningkatkan sarana dan kebersihan kelas.Kata Kunci: manajemen kelas, pengelolaan, ruang, siswa

Page 1 of 39 | Total Record : 381