Inspirasi Manajemen Pendidikan
Vol 4, No 2 (2016): Inspirasi Manajemen Pendidikan

HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP LAYANAN PERPUSTAKAAN DAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN DENGAN INTENSITAS KUNJUNGAN MAHASISWA KE PERPUSTAKAAN DI INSTITUT BISNIS DAN INFORMATIKA STIKOM SURABAYA

KARTIKA SARI, IRMA (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2016

Abstract

Citra perpustakaan terutama ditentukan oleh pendapat pemustaka atas kesanggupan perpustakaan untuk mencapai tujuannya. Reputasi perpustakaan didasarkan atas jasa yang diberikannya, setiap perpustakaan besar maupun kecil, harus memperhatikan benar hubungan dengan pemustaka. Layanan perpustakan dan sistem informasi perpustakaan merupan komponen dalam jasa perpustakaan. Layanan perpustakaan dan sistem informasi perpustakaan di Institut Bisnis dan Informatika STIKOM Surabaya sangantlah baik, namun jumlah kunjungan mahasiswa ke perpustakaan dalam enam tahun terakhir terjadi penurunan. Apakah ada hubungan antara layanan perpustakaan dan sistem informasi perpustakaan dengan jumlah kunjungan mahasiswa berdasarkan persepsi mahasiswa Institut Bisnis dan Informatika STIKOM Surabaya.             Tujuan yang ingin di capai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap layanan perpustakaan dan sistem informasi perpustakaan dengan jumlah kunjungan mahasiswa ke perpustakaan di Institut Bisnis dan Informatika STIKOM Surabaya. Penelitian ini di desain dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis peneitian korelasional. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dipakai pada penelitian menggunakan angket dan dokumentasi data. Teknik anaisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi product moment dan korelasi ganda.             Berdasarkan dari analisis data menunjukkan bahwa ada hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap layanan perpustakaan dan sistem informasi perpustakaan dengan jumlah kunjungan mahasiswa ke perpustakaan. dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0.628, Artinya, semakin baik persepsi mahasiswa terhadap layanan perpustakaan dan sistem informasi perpustakaan maka akan meningkatkan intensitas kunjungan mahasiswa ke perpustakaan di Institut Bisnis dan Informatika STIKOM SURABAYA   Kata kunci : layanan perpustakaan, sistem informasi perpustakaan

Copyrights © 2016