Inspirasi Manajemen Pendidikan
Vol 6, No 2 (2018)

PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN (SIMPEG) DI BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH (BKD) KABUPATEN SIDOARJO

JURACHMAN, ARIF (Unknown)
, KARWANTO (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2018

Abstract

Reformasi manajemen kepegawaian dalam meningkatkan pengelolaan informasi PNS, maka salah satucara yang dapat dilakukan adalah dengan membangun Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian(SIMPEG). SIMPEG didefinisikan sebagai sistem terpadu, yang meliputi data pegawai, pengelolahandata, prosedur, tata kerja, sumber daya manusia dan teknologi informasi untuk menghasilkan informasiyang cepat, lengkap dan akurat dalam mendukung administrasi kepegawaian.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendiskripsikan, dan menganalisis Sistem digitalisasidata kepegawaian di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo, Faktor pendukung danpenghambat dalam pelaksanaan digitalisasi data kepegawaian (SIMPEG) di Badan Kepegawaian DaerahKabupaten Sidoarjo, Usaha-usaha yang dilakukan untuk meningkatkan digitalisasi data kepegawaian dibadan Kepegawaian Daerah Kabupaten SidoarjoPeneliti menggunakan metode kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan secaramendalam dan terperinci mengenai penerapan digitalisasi data kepegawaian sebagai pengembanganaplikasi SIMPEG di BKD Kabupaten Sidoarjo.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem digitalisasi data kepegawaian di Badan Kepegawaian DaerahKabupaten Sidoarjo dibuat pada tahun 2001, SIMPEG BKD Kabupaten Sidoarjo memuat banyak fitur.Pengisian SIMPEG diawali dengan pemberkasan, verifikasi berkas, input data mulai data master, riwayatpendidikan, dan pendukung lainnya. Software dan hardware SIMPEG sendiri didapatkan dari rekanansesuai anggaran yang sudah diusulkan, basiswanya adalah Windows dengan memakai Intel Exon E5,SIMPEG BKD Kabupaten Sidoarjo sendiri masih menggunakan sistemnya sendiri, bukan dari BKNPusat, karena tidak ada intruksi langsung dari BKN. SIMPEG BKD Kabupaten Sidoarjo memiliki sistemlocal host atau offline, karena lebih mudah membenahi jika ada kerusakan, sedang untuk yang dipublishke khalayak umum bisa diakses dengan menggunakan sistem online, Servernya hanya ada 1 yang ada diruangan khusus, dari server itu jaringan lokal (local host) disambungkan dengan masing-masing bidangBKD Kabupaten Sidoarjo, Untuk client atau user ada 55, hak aksesnya disesuaikan dengan tupoksimasing-masing bidang, Dengan adanya SIMPEG ini, membuat kinerja semakin efektif dan efisienPengembangan menu SIMPEG dibutuhkan sesuai dengan analisis kondisi kepegawaian dan layananprima BKD Kabupaten Sidoarjo. Untuk sinkronisasi data PNS antara BKD Kabupaten Sidoarjo dan BKNhanya melalui SAPK BKN dengan export dan import data excel, Indikator keberhasilan SIMPEG BKD.Kabupaten Sidoarjo bisa dilihat dari akurasi dan kevalidan data di lapangan dengan database di SIMPEG,Usaha-usaha yang dilakukan untuk meningkatkan digitalisasi data kepegawaian di badan KepegawaianDaerah Kabupaten Sidoarjo mengadakan bimtek untuk etiap staf bisa mengoperasikan SIMPEG BKDKabupaten Sidoarjo, hal ini sesuai dengan kebutuhan SDM untuk bisa mengeporasikan komputer.Anggaran untuk pengembangan SIMPEG sesuai arahan Bupati Sidoarjo untuk menuju e-governanceKata Kunci : Sistem Informasi Manajmen, Sistem Informasi Kepegawaian

Copyrights © 2018